PENDEKATAN KEMASYARAKATAN PEMBANGUNAN KESEHATAN : KASUS PEMBANGUNAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI INDONESIA

HARYONO SUYONO (1994) PENDEKATAN KEMASYARAKATAN PEMBANGUNAN KESEHATAN : KASUS PEMBANGUNAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI INDONESIA. AIRLANGGA UNIVERSITY PRESS, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
PG.214-10 Suy p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari pengalaman pembangunan kesehatan dengan pendekatan kemasyarakatan di Indonesia, khususnya daIam kasus pengelolaan program KB, yang kemudian menjadi gerakan KB selama lebih dari duapuluh tahun, kita melihat, merasakan dan yakio bahwa kesehatan yang menumt WHO didefinisikan sebagai "health is a state ofcomplete physical, mental, and social well-being, and not mere1y the absence of disease or injwy"l, akan cocok untuk dijadikan referensi bahasan. Pilihan penggunaan kasus ini cocok dengan pandangan ahli lainnya, antaranya Thomas McKeown (1979) yang memperhitungkan pengaruh sosia], agama, ekonomi, pribadi dan masalah kesehatan ito sendiri.:% Dengan alasan itu, maka kasus pembangunan KB ini mengandung sifat-sifat yang unik yang bisa diambil hikmahnya untuk pembangunan bidang kesehatan lainnya. Lebih-Iebih kalau kita perhatikan bahwa dibanyak negara penanganan pembangunan KB itu masih merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penanganan "Kesehatan Ibu dan Anak"}, maka kalau pengalaman kita itu dapat dianalisis secara cermat, dan ditambah lagi dengan kenyataan bahwa penanganannya selalu kita lakukan secara terpadu dengan program-program kesehatan lainnya, dengan mempelajari kasus ini barangkali ada bidang pembangunan kesehatan lainnya yang dapat mengambil manfaat dari pengalaman pembangunan KB tersebut.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PG.214/10 Suy p
Uncontrolled Keywords: KELUARGA BERENCANA
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ760-767.7 Family size
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM
HARYONO SUYONOUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M.
Date Deposited: 09 May 2016 08:47
Last Modified: 14 Jun 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30525
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item