PENGARUH PRODUK BIOFERTILIZER RUMPUT LAUT (Euchema cottonii) KOMERSIL TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY (Brassica rapa L) dan IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) PADA SISTEM AKUAPONIK

OKTAVIANA ELSA DEWI, NIM. 141111124 (2016) PENGARUH PRODUK BIOFERTILIZER RUMPUT LAUT (Euchema cottonii) KOMERSIL TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY (Brassica rapa L) dan IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) PADA SISTEM AKUAPONIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (PENDAHULUAN)
1. Pendahuluan .pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
2. Tinjauan Pustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS)
3. Kerangka Konseptual dan Hipotesis .pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
4. Metode Penelitian .pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
5. Hasil dan Pembahasan .pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
6. Kesimpulan dan Saran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Wilayah perairan Indonesia kaya akan keanekaragaman rumput laut. Salah satunya adalah Euchema cottonii yang dapat digunakan sebagai biofertilizer. Biofertilizer dapat mempercepat pertumbuhan tanaman karena mengandung unsur makro dan mikro yang lengkap. Pada penelitian ini Biofertilizer rumput laut digunakan pada sistem akuaponik yaitu penggabungan antara budidaya tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa L.) dan ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk biofertilizer rumput laut (E. cottonii) komersil terhadap pertumbuhan ikan lele dumbo (C. gariepinus) dan tanaman sawi pakcoy (B. rapa L) pada sistem akuaponik. Rancangan Percobaan dalam penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah : Kontrol positif dengan pemberian pupuk “AB mix®” 1% (A), kontrol negatif tanpa pemberian pupuk (B), perlakuan dengan pemberian produk biofertilizer rumput laut (E. cottonii) komersil 0.16% (C), perlakuan dengan pemberian produk biofertilizer rumput laut (E. cottonii) komersil 0.18% (D), perlakuan dengan pemberian produk biofertilizer rumput laut (E. cottonii) komersil 0.20% (E). Parameter utama yang diamati adalah Pertumbuhan berat biomassa, tinggi tanaman sawi pakcoy (B. rapa L), pertumbuhan SGR, panjang dan tingkat kelulushidupan ikan lele dumbo (C. gariepinus). Parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air. Analisis data menggunakan Analisis Varian (Anova) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dosis pupuk biofertilizer rumput laut (E. cottonii) komersil yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda nyata (p<0,05) terhadap pertumbuhan tinggi tanaman sawi pakcoy (B. rapa L) dan tingkat kelulushidupan ikan lele dumbo (C. gariepinus). Sedangkan pada berat biomasa tanaman sawi pakcoy (B. rapa L), panjang dan SGR ikan lele dumbo (C. gariepinus) tidak memberikan pengaruh yang nyata atau (p>0,05). Berdasarkan hasil uji Jarak Berganda Duncan menunjukkan bahwa bahwa perlakuan E (pemberian pupuk biofertilizer rumput laut (E. cottonii) komersil 0,20%) memberikan pengaruh terbaik diantara semua parameter. Perlakuan B (kontrol negatif) memberikan pengaruh yang terendah diantara semua perlakuan. Perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut terhadap dominasi plankton dan bakteri menguntungkan yang terdapat pada sistem akuaponik setelah dilakukan pemberian produk biofertilizer rumput laut jenis lain, sehingga dapat dijadikan informasi dasar dalam penerapan alternatif budidaya ikan dalam sistem akuaponik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 29/16 Dew p
Uncontrolled Keywords: Euchema cottonii; RUMPUT LAUT; Biofertilizer; sawi pakcoy; ikan lele dumbo
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
OKTAVIANA ELSA DEWI, NIM. 141111124UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMochammad Amin Alamsjah, Prof., Ir., M.Si., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorSapto Andriyono, S.Pi., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 May 2016 01:50
Last Modified: 02 May 2018 18:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30535
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item