M. GUS ADIB, 041113099 (2016) PENGARUH KUALITAS JASA SISTEM INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 2)
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
6. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
Abstract
Sistem informasi berkembang semakin komplek seiring dengan perubahan bisnis dan teknologi. Hal ini menuntut manajemen untuk selalu berinovasi dan mengembangkan sistem yang diterapkan pada pada perusahaan. Keterlibatan pengguna sistem informasi dalam implementasi sistem informasi merupakan hal penting dalam pengembangan agar kesuksesan implementasi sistem informasi suatu perusahaan tercapai. Kepuasan pengguna sering digunakan sebagai tolak ukur kesuksesan implementasi sistem informasi karena merupakan faktor penting dan mudah untuk diukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa sistem informasi terhadap kepuasan pengguna SAP Fi/Co pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Kualitas jasa diukur menggunakan model electronic service quality (E-S-QUAL) yang dikemukakan oleh Parasuraman dkk. Basic E-S-QUAL mempunyai variabel laten efficiency, fullfilment, system availability dan privacy. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Group yang mempunyai hak akses untuk menggunakan SAP Fi/Co dalam menjalankan tugas kerjanya. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan metode convenience sampling dan terpilih 40 responden. Penelitian ini menggunakan model kausalitas atau hubungan pengaruh variabel-variabel penelitian. Pengujian model yang diajukan menggunakan teknik analisis Strutural Equation Modelling (SEM) yang berbasis component atau variance atau lebih dikenal sebagai metode Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas jasa sistem informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Nilai koefisien determinasi (R Square) diperoleh 50,8%. Hal ini berarti variabel independen kualitas jasa mampu menjelaskan variabel dependen kepuasan pengguna. Sisanya sebesar 49,2% dijelaskan oleh variabel independen lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A.98-16 Adi p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | E-S-Qual, Kualitasa Jasa, Kepuasan Pengguna | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 12 May 2016 03:34 | ||||||
Last Modified: | 12 May 2016 03:34 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30555 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |