Peran Perpustakaan dan Pustakawan Universitas Airlangga dalam Mendukung Penelitian Ilmiah Menuju “Excellent Research University"

Harumiaty, Nurma (2014) Peran Perpustakaan dan Pustakawan Universitas Airlangga dalam Mendukung Penelitian Ilmiah Menuju “Excellent Research University". JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 4 (2). pp. 41-46. ISSN 9772356140594

[img]
Preview
Text (Artikel Journal)
Peran Perpustakaan dan Pustakawan Unair.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan Universitas Airlangga perlu berubah peran seiring dengan perubahan yang terjadi di tingkat universitas yaitu menuju "Excellent Research University". Perpustakaan dan pustakawan mempunyai peran sebagai navigasi/panduan bagi sivitas akademika dalam melakukan penelitian ilmiah. Sangat ban yak kegiatan ilmiah berdasarkan hagan "Research Life Cycle ", untuk itu perlu adanya layanan perpustakaan yang mendukung kegiatan ilmiah tersebut, antara lain infrastruktur yang mendukung, berupa koleksi maupun "Tools" pendukungnya; Ruang (space) baik secara fisik (ruang kolaborasi dan ruang individu) maupun "virtual" (menampung hasil karya ilmiah sivitas akademika); Instruksi berupa kegiatan-kegiatan berupa training/kursus singkat yang berhubungan dengan mendukung kegiatan penelitian ilmiah; Konsultasi berupa kegiatan pustakawan memberikan arahan dalam proses aktivitas penelitian ilmiah. Pustakawan diharapkan mampu menjadi "Embedded Research Librarian" yangjuga mempunyai peran penting untuk tercapainya tujuan yang diharapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran, Perpustakaan, Pustakawan, Penelitian Ilmiah
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Artikel Ilmiah
Creators:
CreatorsNIM
Harumiaty, Nurmaharumiaty@staf.unair.ac.id
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 28 May 2016 02:41
Last Modified: 28 May 2016 02:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30709
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item