ERNA SETIJANINGRUM, 090970602 (2016) KOMPETENSI SOFT SKILL APARAT PADA PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN)DALAM PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE DI SURABAYA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (375kB) | Preview |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
15. BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (BABA 2 TINJAUAN PUSTAKA)
16. BABA 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
17. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4. ANALISIS PENELITIAN)
18. BAB 4. ANALISIS PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5. INTERPRETASI DATA)
19. BAB 5. INTERPRETASI DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 6. KESIMPULAN DAN SARAN)
20. BAB 6. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN 1. PROFIL APARAT KECAMATAN DI SURABAYA)
22. LAMPIRAN 1. PROFIL APARAT KECAMATAN DI SURABAYA.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perspektif New Public Service menjadi dasar dalam proses pelayanan publik di Kecamatan PATEN di Surabaya, dan untuk mengetahui bagaimanakah soft skill competency diperlukan oleh aparat yang berorientasi berperspektif New Public Service. Permasalahan penelitian ini karena adanya keluhan masyarakat tentang pelayanan publik di kecamatan PATEN yang dimuat di situs resmi surabaya, laporan Ombudsman, dan KPP Jawa Timur. Semua permasalahan tersebut terkait erat dengan kompetensi soft skill aparat kecamatan.Semua laporan permasalahan pelayanan publik tersebut terjadi pada saat pemerintah sedang mulai merespon perspketif baru dalam pelayanan publik, yaitu New Public Service. New Public service berupaya mengubah mindset aparat dalam menempatkan masyarakat pada proses pelayanan publik. Berbeda dengan perspektif Old Public Administration yang menempatkan masyarakat sebagai “client” yang lemah, New Public Management menempatkan masyarakat sebagai “customer” yang diistimewakan, maka New Public service menempatkan masyarakat sebagai “citizen” yang memiliki persamaan hak tanpa dibeda-bedakan dalam proses pelayanan publik. Teori yang digunakan sebagai dasar untuk menjawab pertanyaan pada penelitian ini adalah : (1) prinsip – prinsip New Public Service dari Janet V. Denhardt and Robert B. Denhardt, (2) soft skill yang meliputi intrapersonal skill dan interpersonal skill dari Dennis E. Coates dan Gabriele Peter Kuhlinger, dan Emotional Intelligence yang terdiri dari self awareness, self management, social awareness dan relationship management dari Daniel Goleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penentuan informan secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan data sekunder. Analisis data menggunakan 3 alur dari Miles dan Hiberman (reduksi data, penyajian data, dan verifikasi / kesimpulan). Lokasi penelitian berada di kecamatan Tegalsari, Semampir, Sawahan, Sukomanunggal, dan Tambaksari Kesimpulan penelitian ini adalah : pertama, perspektif New Public Service belum diaplikasikan dalam proses pelayanan di kecamatan PATEN, terlihat dari belum diterapkannya semua prinsip-prinsip New Public Service. Kedua ; untuk mengoptimalkan pelaksanaan prinsip-prinsip New Public Service diperlukan soft skill competency berupa intrapersonal skill dalam bentuk self awareness (berpikiran positif) dan self management (mengontrol emosi, dan meningkatkan kesabaran), serta interpersonal skill dalam bentuk social awareness (bersikap santun dan ramah) dan relationship management (berkomunikasi dengan baik). Implikasi teori dari penelitian ini ialah penerapan perspektif New Public Service dalam proses pelayanan di kecamatan PATEN memerlukan “elaborasi” dengan teori soft skill copetency. Hal ini dikarenakan New Public Service memerlukan perubahan “mindset” aparat dan mensyaratkan interaksi yang humanis antara aparat dan masyarakat. Sedangkan saran yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu diperlukan pengembangan soft skill competency bagi aparat kecamatan penyelenggara PATEN, terutama aparat yang bertugas di bagian pelayanan / front office.
Item Type: | Thesis (Disertasi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 DIS.PSDM.02/16 Set k | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | New Public Service, Soft skill competency, aparat kecamatan, pelayanan publik, kecamatan PATEN | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment | |||||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | |||||||||
Date Deposited: | 02 Jun 2016 00:47 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2017 23:55 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30848 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |