RINANTI RESMADEWI, 111214153041 (2016) METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TAMAN KANAK-KANAK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
15 bab 1 pendahuluan.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 2)
16 bab 2 tinjauan pustaka dan kerangka pemikiran.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
17 bab 3 metode penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
18 bab 4 hasil penelitian dan pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
19 bab 5 simpulan dan saran.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
20 daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
21 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa Taman Kanak-kanak. Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa Taman Kanak-kanak B di TK Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang, 15 subjek kelompok eksperimen, 15 subjek kelompok kontrol. Alat pengumpul data berupa skala. Pada kelompok eksperimen diberikan metode pengajaran dengan menggunakan bermain peran sebanyak lima kali, sedangkan pada kelompok kontrol tetap menggunakan metode pengajaran biasa. Skala interaksi sosial mengacu pada aspek interaksi sosial menurut Beaty (2009). Skala interaksi sosial terdiri dari 29 butir. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai t=5.827 dengan p<0,05. Dari hasil uji hipotesis diperoleh data bahwa ada perbedaan interaksi sosial pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengalami kenaikan yang signifikan dalam interaksi sosialnya. Hal ini menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa Taman Kanak-kanak.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TPSI.11/16 Res m | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Sosial, Bermain Peran | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 02 Jun 2016 23:50 | ||||||
Last Modified: | 02 Jun 2016 23:50 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30871 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |