POTENSI EXTRACTUM CURCUMAE Curcuma Xanthorrizha, Roxb. DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS AYAM PEDAGING

HERWINTONO (2000) POTENSI EXTRACTUM CURCUMAE Curcuma Xanthorrizha, Roxb. DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS AYAM PEDAGING. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2007-herwintono-3737-disk13-t.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s3-2007-herwintono-3737-disk13-7.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian potensi extractum curcumae dilaksanakan dengan tujuan mengetahui pengaruhnya terhadap kecernaan pakan, energi pakan termetaboiisasi, indikator metabolik, status fisiologik, produktivitas dan kualitas ayam pedaging. Penelitian dilaksanakan secara eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL.) dan rancangan acak kelompok (RAK). Perlakuan berupa aras extractum curcumae terdiri dari Kontrol, 25, 50, 75 dan 100 mg/kg/bb. Masing-masing perlakuan terdiri dari 5 ulangan dan masing-masing ulangan terdiri 8 unit. Variabel penelitian terdiri dari seiuruh parameter yang terkait dengan produktivitas dan kualitas ayam pedaging. Data dianalisis dengan analisis varian dan uji BNT . Kesimpulannya bahwa (l) pengeringan cara angin-angin dan penambahan tepung tapioka menghasilkan extractum curcumae dengan kualitas baik, (2) Pemberian extractum curcumae aras 25 sampai 100 mg/kg bb berpengaruh nyata terhadap peningkatan kecernaan pakan (bahan organik, protein kasar, lemak kasar), energi pakan termetabolisasi dan indikator metaboliknya (peningkatan kadar glukosa, protein, trigliserida darah, hemoglobin, eritrosit dan hematokrit), (3) berpengaruh nyata terhadap peningkatan status fisiologik organ pencernaan (aktivitas enzim kelenjar pankreas, kualitas fungsi hati dan empedu), (4) produktivitas (peningkatan pertambahan bobot badan, imbangan efisiensi protein dan bobot akhir serta penurunan konsumsi dan konversi pakan), (5) kualitas karkas dan daging (peningkatan bobot dan persentase karkas, lemak abdominal dan perbandingan daging tulang, peningkatan lemak dan energi, penurunan kadar air, kejenuhan dan kolesterol lemak daging).

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK Dis K 13/07 Her p
Uncontrolled Keywords: Extractum curcuma; Pakan; Produktivitas; Kualitas; Ayam pedaging
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
HERWINTONONIM099512058-D
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Soehartojo Hardjopranjoto, Prof., Dr., drh., M.ScUNSPECIFIED
Thesis advisorM.F. Sutarjadi, Prof. Dr., AptUNSPECIFIED
Thesis advisorRomziah Sidik, drh., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 27 Sep 2016 06:39
Last Modified: 12 Jun 2017 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/31929
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item