MEKANISME PENINGKATAN EKSPRESI MMP-2, MMP-9 DAN PSA DALAM JARINGAN PROSTAT YANG MENGALAMI RETENSIO URINE AKUT Penelitian Eksperimental Pada Hewan Coba Rattus Norvegicus

WAHJOE DJATISOESANTO (2011) MEKANISME PENINGKATAN EKSPRESI MMP-2, MMP-9 DAN PSA DALAM JARINGAN PROSTAT YANG MENGALAMI RETENSIO URINE AKUT Penelitian Eksperimental Pada Hewan Coba Rattus Norvegicus. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2012-djatisoesa-23966-dis--k---k.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2012-djatisoesa-20313-disk21-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jumlah sel netrofil yang mengekspresikan MMP-2 pada jaringan prostat yang mengalami retensio urine akut lebih besar dari pada kontrol. Jumlah sel netrofil yang mengekspresikan MMP-9 pada jaringan prostat yang mengalami retensio urine akut lebih besar dari pada kontrol. Ketebalan kolagen tipe IV pada membrana basalis kelenjar prostat yang mengalami retensio urine akut tidak mengalami perubahan bermakna dibandingkan dengan kontrol.Ekspresi PSA dalam jaringan prostat yang mengalami retensio urine akut lebih tinggi dari pada kontrol.Ekspresi PSA dalam jaringan prostat yang mengalami retensio urine akut setelah 4 hari dibebaskan retensionya kembali seperti semula.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa retensio urine akut menyebabkan peningkatan jumlah sel netrofil yang mengekspresikan MMP-2 dan MMP-9 dalam jaringan prostat, tetapi peningkatan ekspresi enzim matriks metaloproteinase tersebut belum mampu mendegradasi kolagen tipe IV dalam membrana basalis kelenjar prostat. Disamping itu retensio urine juga dapat meningkatkan produksi PSA oleh epitel asini kelenjar prostat sehingga mengakibatkan sebagian juga masuk ke pembuluh darah kapiler yang ada di sekitar sel basal dan jaringan stroma selanjutnya PSA serum akan meningkat. Sehingga mekanisme keluarnya PSA dari dalam kelenjar prostat ke jaringan stroma dan sirkulasi sistemik akibat retensio urine bukan melalui kerusakan membrana basalis kelenjar prostat.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK Dis K 21 / 12 Dja m
Uncontrolled Keywords: Jaringan Prostat; Retensio Urine Akut
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
WAHJOE DJATISOESANTONIM090610018-D
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy M.Soebadi, Prof.Dr.,dr.SpB.SpU-KUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 21 Oct 2016 16:55
Last Modified: 21 Oct 2016 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/31978
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item