PENGARUH POLIMORFISME PROMOTER MCP-1 DAN OPNTERHADAP KETEBALAN INTIMA-MEDIA ARTERI CAROTISANAK POPULASI JAWA DENGAN ORANGTUA STROKE ISKEMIA

YUYUN YUENIWATI, 090810018 D (2012) PENGARUH POLIMORFISME PROMOTER MCP-1 DAN OPNTERHADAP KETEBALAN INTIMA-MEDIA ARTERI CAROTISANAK POPULASI JAWA DENGAN ORANGTUA STROKE ISKEMIA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULL TEXT-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

pada penderita stroke iskemia menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara ketebalan intima-media arteri carotis dengan dua gen, Monocyte Chemoattractant Protein-1 (MCP-1) dan Osteopontin (OPN). Tujuan : Menjelaskan pengaruh polimorfisme promoter MCP-1 dan OPN terhadap ketebalan intimamedia arteri carotis pada anak populasi Jawa dengan orangtua stroke iskemia. Metode : Penelitian observasional analitik secara kasus kontrol. Pemeriksaan ketebalan intima-media arteri carotis dengan ultrasonografi B- mode resolusi tinggi dilakukan di RSUD dr Saiful Anwar Malang. Pemeriksaan fisik, laboratorium dan analisa genotyping MCP-1 dan OPN menggunakan metode PCR dan sekuensing dilakukan di Laboratorium ilmu Faal FKUB Malang dan Macrogen Seoul Korea Selatan. Hasil : Ditemukan polimorfisme promoter MCP-1 yang diberi kode YIV1 dan YIV2, YIV1 adalah transversi adenin menjadi timin pada basa ke -2138 ditemukan pada 5% anak dengan orangtua stroke iskemia dan 14,3% anak dengan orangtua sehat. YIV2 adalah transisi guanin menjadi adenin pada basa ke -2464 ditemukan pada 5% anak dengan orangtua stroke iskemia. Ketebalan intima-media arteri carotis anak populasi Jawa dengan orangtua stroke iskemia berbeda bermakna dengan anak dengan orangtua sehat (0,61 ± 0,012 mm vs 0,52 ± 0,015 mm, p = 0,021). Rata-rata intima-media arteri carotis anak laki-laki lebih tebal dari perempuan. Ketebalan intimamedia arteri carotis mempunyai korelasi negatif dengan indeks massa tubuh dan profil lipid. Anak dengan polimorfisme YIV1 dan YIV2 mempunyai intima-media arteri carotis lebih tebal dari anak pada rentang usia sama, dan mempunyai kemungkinan 1.471 kali mengalami penebalan. Polimorfisme OPN tidak bisa dianalisis karena tidak menunjukkan homologi dengan gen target OPN yang diharapkan. Kesimpulan : Ditemukan dua polimorfisme baru pada regio promoter MCP-1, anak dengan polimorfisme tersebut mempunyai intima-media yang lebih tebal dan kemungkinan 1,471 kali mengalami penebalan. Anak populasi Jawa dengan orangtua stroke iskemia mempunyai intima-media arteri carotis lebih tebal dibanding anak dengan orangtua sehat.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK Dis K11/13 Yue p ; KKB KK-2 Dis K11/13 Yue p ; KKC KK Dis K11/13 Yue p
Uncontrolled Keywords: polimorfisme MCP-1 dan OPN, ketebalan intima-media arteri carotis, stroke iskemia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
YUYUN YUENIWATI, 090810018 DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTriyono KSP, Prof. Dr., dr, SpRad (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorJuliati Hood A., Prof. Dr., dr, SpPA (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorM. Rasjad Indra, Prof. Dr., dr, MSUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 31 Aug 2016 02:48
Last Modified: 16 Jun 2017 19:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item