PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI TEKNOLOGI TERHADAP INOVASI BERKELANJUTAN DAN KINERJA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DI SURABAYA

WAHYUDIONO, 090214946D (2006) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI TEKNOLOGI TERHADAP INOVASI BERKELANJUTAN DAN KINERJA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DI SURABAYA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
wahyudiono.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s3-2008-wahyudiono-7421-dise21-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sukses suatu perusahaan merupakan hasil kerja semua fungsi di dalam organisasi serta hasil implementasi dari berbagai strategi yang dikembangkan oleh perusahaan. Pemahaman yang benar terhadap apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan merupakan langkah awal untuk menyediakan berbagai barang dan jasa yang dapat memenuhi harapan pasar. Suatu perusahaan diyakini mampu menghasilkan kinerja yang baik, jika perusahaan mampu memilih dan mengimplementasikan strateginya dengan arah yang benar. Orientasi pasar, orientasi teknologi dan inovasi berkelanjutan merupakan anteseden yang sangat penting untuk membangun kinerja perusahaan. Studi ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti emperis tentang pengaruhi orientasi pasar dan orientasi teknologi terhadap inovasi berkelanjutan dan kinerja perusahaan, serta pengaruh inovasi berkelanjutan terhadap kinerja perusahaan consumer goods di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan consumer goods (makanan dan minuman) berskala besar, masih beroperasi sampai akhir tahun 2005, berlokasi di Kawasan Industri Rungkut Surabaya (SIER), tergabung dalam Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI) Cabang Jawa Timur dan memperoleh fasilitas dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Jawa Timur. Studi ini menggunakan metode sensus atau complete enumeration, karena jumlah anggota elemen populasi relatif sedikit (31 perusahaan makanan dan minuman). Orientasi pasar, diukur dengan indikator: orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi antar fungsi. Orientasi teknologi, diukur dengan indikator: komitmen terhadap riset dan pengembangan, akuisisi teknologi baru, dan implementasi teknologi untuk produk baru. Inovasi berkelanjutan, diukur dengan indikator: inovasi berbasis pasar, dan inovasi berbasis teknologi. Kinerja perusahaan, diukur dengan indikator: kinerja pemasaran, dan kinerja produk. Pemberian nilai untuk keseluruhan variabel menggunakan skala ukur interval, dan menggunakan skala Likert dalam penentuan skornya. Uji validitas instrumen menggunakan construct validity, hasil uji disebut valid jika koefisien korelasinya positip dan lebih besar dari 0,30. Uji reliabilitas dilakukan dengan cronbach alpha, dan dikatakan reliabel jika memiliki nilai cronbach alpha lebih besar dari 0,60. Alat analisis yang digunakan di dalam studi ini adalah analisis jalur atau analisis lintas (path analysis). Hasil pengujian menunjukkan bahwa: Orientasi pasar berpengaruh langsung, positip, dan signifikan terhadap inovasi berkelanjutan perusahaan consumer goods. Temuan ini mengandung makna bahwa orientasi pasar diperlukan untuk pengembangan inovasi berkelanjutan, semakin tinggi orientasi pasar, hasil pengembangan inovasi berkelanjutan perusahaan consumer goods menjadi semakin inovatif. Orientasi teknologi berpengaruh langsung, positip, dan signifikan terhadap inovasi berkelanjutan perusahaan consumer goods. Temuan ini mengandung makna bahwa orientasi teknologi menjadi pendorong dalam pengembangan inovasi berkelanjutan, semakin tinggi orientasi teknologi, hasil pengembangan inovasi berkelanjutan perusahaan consumer goods menjadi semakin inovatif. Orientasi pasar berpengaruh langsung, positip, dan signifikan terhadap kinerja perusahaan consumer goods. Temuan ini memberi makna bahwa orientasi pasar merupakan pendorong dalam meningkatkan kinerja perusahaan, semakin tinggi orientasi pasar, hasil kinerja perusahaan consumer goods juga menjadi meningkat. Orientasi teknologi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan consumer goods, namun melalui inovasi berkelanjutan, pengaruh tidak langsung orientasi teknologi terhadap kinerja perusahaan adalah signifikan. Temuan ini memberi isyarat bahwa peranan orientasi teknologi terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis E 21/07 Wah p
Uncontrolled Keywords: Market orientation, technology orientation, continuous innovation, and companys performance.
Subjects: T Technology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
WAHYUDIONO, 090214946DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEffendie, Prof.Dr.H.,SEUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:02
Last Modified: 19 Jun 2017 21:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32335
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item