JOUBERT B. MARAMIS, 090114490D (2007) PENGARUH BESARAN PERUSAHAAN TERHADAP KONSENTRASI KEPEMILIKAN SAHAM, LIKUDITAS SAHAM, FREE CASH FLOW,DIVERSIFIKASI USAHA, LEVERAGE DAN NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI INDONESIA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
maramisjou.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s3-2009-maramisjou-9583-dise39-p.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Untuk membiayai investasi dan operasionalisasi perusahaan, dibutuhkan sumber dana. Pada dasarnya ada tiga sumber dana utama yaitu laba yang ditahan, hutang dan saham. Menurut teori packing order, perusahaan akan mengutamakan sumber dana dan laba ditahan kemudian hutang dan saham. Penerbitan suatu saham memiliki keunggulan dan kelemahan. Studi mi bertujuan untuk mengetahui pengaruh besaran perusahaan (UKP) terhadap konsentrasi kepemilikan saham (KKS). Untuk mengetahui pengaruh besaran perusahaan (UKP) terhadap likuditas saham (LKS).Untuk mengetahui pengaruh besaran perusahaan (UKP) terhadap free cash flow FCF).Untuk mengetahui pengaruh besaran perusahaan (UKP) terhadap diversifikasi usaha (DIV).Untuk mengetahui pengaruh besaran perusahaan (UKP terhadap leverage (LEV). Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi kepemilikan saham (KKS) terhadap nilai perusahaan (NPN).Untuk mengetahui pengaruh likuiditas saham (LKS) terhadap nilai perusahaan (NPN). Untuk mengetahui pengaruh free cash flow (FCF) terhadap nilai perusahaan (NPN).Untuk mengetahui pengaruh diversifikasi usaha (DIV) terhadap nilai perusahaan (NPN) Untuk mengetahui pengaruh leverage (LEV) terhadap nilai perusahaan (NPN) Untuk mengetahui pengaruh besaran perusahaan (UKP) terhadap nilai perusahaan (NPN). Hubungan Besaran perusahaan Dan Konsentrasi Kepemilikan Saham. Semakin besar perusahaan maka semakin tersebar struktur kepemilikan saham (semakin rendah tingkat konsentrasi kepemilikan saham), karena perusahaan besar menghasilkan biaya pengawasan yang lebih besar, sehingga lebih tidak terkonsentrasi (Demsetz and Lehn, 1985). Perusahaan besar semakin tinggi pemenuhan kebutuhan dana lewat penerbitan saham baru (Jones and Mygind, 2003) . Hubungan Besaran perusahaan Dan Likuditas Saham : Semakin besar perusahaan semakin tinggi likuiditas saham karena perusahaan besar memiliki jumlah saham beredar yang lebih besar (Rauterkus, 2002) dan Brennan et al. (1998). Karena investor lebih menyukai perusahaan besar ketimbang perusahaan kecil. (Pool, 2006). Hubungan Besaran perusahaan Danfree cash flow: Semakin besar besaran perusahaan maka semakin besar free cash flow, karena manajer akan menahan free cash flow (arus kas bebas) dan menggunakannya untuk kepentingannya (Degryse and Jong, 2000), free cash flow merupakan sumberdaya yang mudah digunakan untuk membiayai pertumbuhan perusahaan (Doug, 1997) dan (Gentry, et al., 1997) Hubungan Besaran perusahaan Dan Diversifikasi Usaha : Semakin besar perusahaan maka semakin tinggi diversifikasi, karena penambahan lini usaha (diversifikasi) memberikan manfaat bagi manajer (Pandya and Rao, 1998) karena semakin besar perusahaan maka semakin tinggi kemampuannya untuk masuk dalam lini produk baru (Grossman, 2003),. semakin besar perusahaan maka semakin lugs cakupan lokasi geografis bisnisnya (Hutchinson, et al., 2006). Hubungan Besaran perusahaan Dan Leverage :semakin besar perusahaan maka semakin kecil penggunaan leverage karena mereka lebih memilih penerbitan saham karena underwriter fees yang semakin besar (Manuel and Pilotte, 1992) dan Smith (1977), karena hutang akan meningkatkan resiko kebangkrutan dan ancaman pengambilatihan (Bayless, 1994). Hubungan Likuiditas Saliam Dan Nilai Perusahaan :Semakin rendah likuiditas maka semakin rendah nilai pasar sehingga semakin rendah nilai perusahaan (Bebchuk, 1999), (Eleswarapu and Krislinamurti, 2004) dan (Tadesse, 2000). Hubungan Konsentrasi kepemilikan Saham Dan Nilai Perusahaan semakin terkonsentrasi kepemilikan saham maka semakin tinggi nilai perusahaan karena semakin terkonsentrasi kepemilikan saham maka semakin kuat tekanan dari pemegang saham kepada manajemen untuk memaksimalkan nilai perusahaan (kesejajaran kepentingan) (Hertzel and Smith, 1993), (Servaes, 1996) dan (Wruck, 1989). Hubungan Free cash flow Dan Nilai Perusahaan :semakin tinggi free cash flow maka semakin tinggi nilai perusahaan, karena semakin tinggi free cash flow maka semakin tinggi dana tersebut dialokasikan pada kekayaan pemegang saham, sehingga semakin tinggi nilai perusahaan (Richardson, 2002), karena semakin besar dana yang dialokasikan pada program repurchase stock (pembelian ulang saham) yang akan meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan harga jual pasar (Jensen, 1986). Hubungan Diversifikasi Usaha Dan nilai perusahaan :Semakin banyak segmen bisnis (semakin tinggi diversifkasi) maka semakin rendah nilai perusahaan semakin tinggi diversifikasi maka semakin tinggi ketidakefisienan subsidi silang antar segmen (Servaes, 1996), (Lamont and Polk, 2002) dan Campa and Kedia, 2002) Semakin banyak lini bisnis maka semakin sulit untuk melakukan kontrol atas persaingan, pertumbuhan dan strategi tingkat produk yang berbeda-beda, (Berger and Ofek, 1995) Hubungan Leverage Dan Nilai Perusahaan: semakin tinggi leverage maka semakin tinggi hutang sehingga semakin tinggi nilai perusahaan karena pembiayaan dengan hutang akan diperhitungkan dengan sebaik-baiknya. Itu berarti perusahaan akan menggunakan hutang secara efisien. (Martin, 1996) karena Hutang akan mengurangi konsumsi yang berlebihan manajemen atas uang perusahaan sehingga akan meningkatkan nilai perusahaan (Nash, et al., 2003), karena peningkatan hutang akan meningkatkan resiko kebangkrutan. Ini akan meningkatkan sikap takut akan resiko dari pihak manajemen. Sikap ini akan mendorong manajemen untuk membuat keputusan dengan efisien. Berger, et al., 1997). Hubungan Besaran perusahaan Dan Nilai Perusahaan : semakin besar perusahaan maka semakin tinggi nilai perusahaan karena perusahaan besar untuk membiayai proyek-proyek investasi masa depan yang menguntungkan. Semakin banyak peluang investasi menguntungkan yang dibiayai perusahaan maka semakin tinggi nilai perusahaan. (Short and Keasey, 1999), semakin besar besaran perusahaan, citeris paribus, semakin besar sumberdaya modal perusahaan dan semakin besar nilai pasar (Demsetz and Lehn, 1985). Studi ini menggunakan sampel 117 perusahaan manufaktur yang Go Public di Indonesia. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jaringan dengan program bantu analisis AMOS. Dengan tahun penelitian : 1998-2005. Kesimpulan studi ini adalah :Hasil studi mendukung pengaruh besaran perusahaan (UKP) terhadap konsentrasi kepemilikan saham (KKS), tidak mendukung bahwa besaran perusahaan (UKP) berpengaruh signifikan terhadap likuditas saham (LKS), mendukung pengaruh besaran perusahaan (UKP) terhadap free cash, flow (FCF), mendukung pengaruh besaran perusahaan (UKP) terhadap diversifikasi usaha (DIV), tidak mendukung bahwa besaran perusahaan (UKP) berpengaruh signifikan terhadap leverage (LEV), mendukung pengaruh konsentrasi kepemilikan saham (KKS) terhadap nilai perusahaan (NPN), mendukung pengaruh likuiditas saham (LKS) terhadap nilai perusahaan (NPN), mendukung pengaruh free cash flow (FCF) terhadap nilai perusahaan (NPN), tidak mendukung bahwa diversifikasi usaha (DIV) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (NPN), mendukung pengaruh leverage (LEV) terhadap nilai perusahaan (NPN), menolak bahwa besaran perusahaan (UKP) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (NPN), Kesimpulan secara menyeluruh menunjukkan, secara langsung besaran perusahaan tidak signifikan mempengaruhi nilai perusahaan. Secara umum juga dapat dikatakan bahwa teori keagenan dalam menjelaskan firm size effect tidak terbukti.
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Dis E 39/08 Jou p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepemilikan Saham, Likuditas Saham, Free Cash Flow, Diversifikasi Usaha, Leverage Dan Nilai Perusahaan | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9720-9975 Manufacturing industries T Technology > TS Manufactures > TS1-2301 Manufactures |
||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Yusuf Jailani | ||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2016 01:41 | ||||||
Last Modified: | 19 Jun 2017 22:27 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32366 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |