ANALISIS AL-RI’AYAH DALAM KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP NIAT DAN KINERJA SERTA KESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH MAWADAH WARAHMAH DI DAERAH PERKOTAAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

MUL IRAWAN, 091070723D (2014) ANALISIS AL-RI’AYAH DALAM KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP NIAT DAN KINERJA SERTA KESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH MAWADAH WARAHMAH DI DAERAH PERKOTAAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Binder1irawanmul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2015-irawanmul-37012-5.abstr-t.pdf

Download (302kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hasil analisis kuantitatif syar’i adalah al-ri’ayah dalam keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap niat kepala keluarga, kinerja serta kesejahteraan keluarga.Niat kepala keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dan kesejahteraan keluarga.Kinerja keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan keluarga.Indikator yang paling dominan adalah amanah, ibadah, pendapatan danterpeliharanyaketurunan (hifzunnasl).Dinamika al-ri’ayah dalam keluarga, niat kepala keluarga, kinerja dan kesejahteraan keluarga selama limatahun terakhir (2008-2012) menunjukkan trend yang semakin meningkat. Hasil analisis kualitatif syar’i dan intuitif/kasyf pada aspek al-ri’ayah dalam keluarga, niat kepala keluarga, kinerja dan kesejahteraan keluarga telah berdasarkanfirman Allah Swt. dan hadits Rasulullah.Teori atau model garis kemiskinan dan kemakmuran Islam dari Zadjuli dapat dipakai sebagai alat ukur untuk membedakan antara mustahiq dan muzakki di daerah perkotaan Provinsi Kalimantan Timur. Hasil studi menunjukkan bahwa dalam lima tahun terakhir telah terjadi penurunan kemiskinan dan peningkatan kemakmuran, serta diketahui bahwa sebanyak 69,44% adalah termasuk kelompok miskin (mustahiq), dan selebihnya 30,55% keluarga di daerah perkotaan Provinsi Kalimantan Timur termasuk kelompok mampu (muzakki). Secara terintegrasi, kesimpulan umum dalam studi iniadalah bahwa al-ri’ayah dalam keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap niat kepala keluarga, kinerja dan kesejahteraan keluarga.Niat kepala keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dan kesejahteraan keluarga.Kinerja keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan keluarga. Mendukung dan memodifikasi teori Ibnu Khaldun dalam Chapra (2001), mendukung teori Thabrani (2005), Ghazali (2008) serta Zadjuli (2006a) dan (1999a). Studi ini juga membuktikan bahwa pelaksanaan kehidupan keluarga di daerah perkotaan Provinsi Kalimantan Timur telah mengimplementasikan syari’ah Islam berdasarkan ayat al-Qur’an dan Hadits Rasulullah, namun jumlah keluarga miskin (mustahiq) masih lebih besar daripada jumlah keluarga mampu (muzakki), oleh karena itu disimpulkan bahwa pelaksanaan kehidupan keluarga telah menerapkan syari’ah Islam tetapi belum kaffah.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 DIS EI 04/15 Ira a
Uncontrolled Keywords: Al-ri’ayah,intent,performance,welfare,kaffah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM
MUL IRAWAN, 091070723DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuroso Imam Zadjuli, Prof.Dr.H.,SEUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 01:06
Last Modified: 06 Oct 2016 01:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32421
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item