PENGARUH KEPEMIMPINAN ISLAMI TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KINERJA SERTA KESEJAHTERAAN KELUARGA PONDOK PESANTREN DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

RIHFENTI ERNAYANI, 091070704 (2013) PENGARUH KEPEMIMPINAN ISLAMI TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KINERJA SERTA KESEJAHTERAAN KELUARGA PONDOK PESANTREN DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (abstrak)
ernayiri.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1ernayaniri.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hasil studinya adalah; Kepemimpinan Islami pondok berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan pondok pesantren dan kinerja pondok pesantren serta kesejahteraan keluarga pondok pesantren. Indikator kepemimpinan Islami yang dominan adalah ta’awun sedangkan yang paling rendah adalah uswah. Indikator perkembangan pondok pesantren yang dominan adalah jumlah santri sedangkan yang paling rendah adalah budaya akademik. Indikator kinerja pondok pesantren yang dominan adalah studi lanjut ustadz sedangkan yang paling rendah adalah kemandirian. Indikator hifzud-dien merupakan indikator yang dominan sebagai indikator pengukur kesejahteraan keluarga pondok pesantren sedangkan yang paling rendah adalah hifzul-maal. Berdasarkan garis hijab kemakmuran dan kemiskinan Islam yang menggunakan nisab zakat emas menunjukkan bahwa 90% pendidik pondok pesantren termasuk dalam kategori mustahiq, sedangkan yang 10% telah sejahtera atau muzakki. Kepemimpinan Islami telah diamalkan mendekati kaffah sehingga mampu mengembangkan pondok pesantren dengan baik dan menghasilkan kinerja pondok pesantren yang tinggi serta mampu menciptakan kesejahteraan keluarga pondok pesantren baik secara materiil (duniawiyah) maupun spirituil (ukhrawiyah) yang berbasis pada maqashid syariah. Kepemimpinan yang mendekati kaffah berdampak pada semakin ikhlasnya para keluarga pondok untuk mengabdikan dirinya dalam pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 DIS EI 16/14 Ern p
Uncontrolled Keywords: leadership, development, performance, welfare and kaffah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM
RIHFENTI ERNAYANI, 091070704UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuroso Imam Zadjuli, Prof.Dr.H.,SEUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 01:18
Last Modified: 04 Jul 2017 01:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32437
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item