PENGARUH KEPEMIMPINAN ISLAM TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA SERTA KESEJAHTERAAN KARYAWAN PADA BANK ISLAM DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

MARIA WATI, 091070705 (2013) PENGARUH KEPEMIMPINAN ISLAM TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA SERTA KESEJAHTERAAN KARYAWAN PADA BANK ISLAM DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
watimaria.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1watimaria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Binder1watimariaLAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hasil studi tentang Pengaruh Kepemimpinan Islam terhadap Motivasi dan Kinerja serta Kesejahteraan Karyawan pada Bank Islam di Provinsi Kalimantan Timur (Ta’tsiru Ri’asatil Islami ‘Ala Al-hafizi wa Kasbi Sa’adatil ummal fi Bank al-Islam fi Manthiqati Kalimantan asy-Syarqiyah), ternyata bahwa Ri’asatul Islam telah dilaksanakan oleh pimpinan Bank Islam di Provinsi Kalimantan Timur sebagai fungsi khalifah di muka bumi telah mengikuti/ sesuai dengan nilai yang terkandung dalam al-Qur’an surah 2 / al-Baqarah ayat 30 serta keteladanan yang diberikan oleh Nabi Muhammad S.a.w, dimana arah kepemimpinannya memang sudah mengukuti jejak Rasulullah, tetapi pengingkatan profesionalismenya belum optimal sehingga implementasi syar’i kepemimpinannya belum kaffah. Ri’asatul Islam berpengaruh positif signifikan terhadap Hafizun, al-Kasbu dan Sa’adatul ummal, hal tersebut terbukti dengan semakin meningkatnya / berkembangnya persepsi penilaian terhadap seluruh indikator dimana arah grafisnya meningkat selama 5 tahun terakhir yaitu dalam periode tahun 2008 sampai dengan 2012. Hafizun telah berkembang dalam kalbu dengan baik dan benar pada karyawan Bank Islam di Provinsi Kalimantan Timur, sesuai dengan al-Qur’an dan al-Hadist tentang motivasi kerja dimana karyawan telah berniat ibadah dalam bekerja, sehingga telah berhasil meningkatkan kinerja namun belum optimal karena peningkatan pendidikan profesinalisme mereka masih kurang / belum kaffah. Hafizun berpengaruh positif signifikan terhadap al-Kasbu dan Sa’adatul Ummal dimana semakin baik / tinggi tingkatan Hafizun maka makin baik / tinggi pula tingkatan al-Kasbu dan Sa’adatul Ummal namun belum berpengaruh secara signifikan terhadap ketenangan jiwa (Hifzunnafs) pada karyawan untuk masa depan. Studi ini menolak teori Blancard dan Abraham Maslow tentang kepemimpinan dan motivasi kerja yang mengutamakan pada indikator : pujian, materi, upah, dan kesejahteraan Dunia, tetapi dalam hal analisis kasyf / intuitif ternyata para karyawan Bank Islam di Provinsi Kalimantan Timur mempunyai persepsi bahwa kesejahteraan lebih bersifat lahir dan bathin dengan indikator motivasi dan keimanan dalam berkehidupan di Dunia yang akhirnya berakibat pada kebahagiaan kehidupan di Akhiratnya nanti. Sebagian besar karyawan telah berbahagia karena mereka mensyukuri proses taqdir Allah yang terus terjadi secara dinamis. Hal ini sesuai dengan kesimpulan Zadjuli (1999:16) tentang makna/definisi kebahagiaan dari suatu kaum/keluarga muslim. Hasil studi ini juga mendukung teori Ibnu Khaldun dalam Chapra (2001:125) dimana jika keadilan belum ditegakkan disemua lini amalan/pekerjaan untuk berkehidupan, maka kesejahteraan masyarakat belum akan optimal juga (Zadjuli, 2006:17).

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 DIS EI 27/14 Wat p
Uncontrolled Keywords: Ri’asatul Islam (Islamic Leadership), Hafizun (Work Motivation), al-Kasbu (Performance), and Sa’adatul Ummal (Employee Welfare).
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1960-1973 Public welfare. Public assistance
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM
MARIA WATI, 091070705UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuroso Imam Zadjuli, Prof.Dr.H.,SEUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 01:47
Last Modified: 04 Jul 2017 22:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32448
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item