RINDU PUSPITA WIBAWA, 081116005 (2016) PENGELOLAAN PERMINTAAN PERUBAHAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 STUDI KASUS DI PT. OMETRACO ARYA SAMANTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 2)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN .pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada tahun 2012 perusahaan konstruksi baja mulai menerapkan aplikasi ERP untuk mendukung proses bisnis perusahaan. Aplikasi ERP memiliki beberapa fitur, salah satunya adalah fitur helpdesk. Fitur helpdesk digunakan untuk mengajukan permintaan perubahan teknologi informasi (TI). Permintaan perubahan TI sudah sering dilakukan oleh user selama ini, namun sampai saat ini belum pernah dilakukan pengukuran sejauh mana pencapaian pengelolaan permintaan perubahan TI di perusahaan konstruksi baja. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tentang pengukuran proses pengelolaan permintaan perubahan TI. Kemudian akan disusun suatu rancangan saran dan tindakan perbaikan sehingga diperoleh panduan yang tepat dalam melakukan perbaikan terkait pengelolaan permintaan perubahan TI. Proses pengukuran teknologi informasi dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah survey dan wawancara. Tahap kedua menentukan responden sesuai dengan pemetaan RACI chart. Tahap ketiga yaitu pembuatan kuesioner dan penyebaran kuesioner. Tahap selanjutnya adalah analisis hasil jawaban kuesioner sampai menemukan sebuah kesimpulan dan saran. Tahap terakhir adalah perancangan saran dan solusi perbaikan atas permasalahan dalam pelaksanaan proses pengelolaan permintaan perubahan TI berdasarkan hasil analisis jawaban kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa tingkat kesadaran perusahaan konstruksi baja pada proses pengelolaan permintaan perubahan TI berada pada katagori tinggi dengan nilai kinerja 1,45, sedangkan pencapaian level kapabilitas saat ini berada pada level 2-work product management dan untuk kondisi yang di inginkan berada pada level 4-process control. Usulan tindakan perbaikan akan dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap pertama adalah pencapaian kapabilitas level 2, tahap kedua adalah pencapaian kapabilitas level 3, dan tahap ketiga adalah pencapaian leve
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK ST.SI.20/16 Wib p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | COBIT 5, Pengelolaan Permintaan Perubahan TI, BAI06.01, DSS02.03, DSS03.03, DSS03.05, DSS04.08, DSS06.01 | |||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming | |||||||||
Divisions: | 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | |||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2016 00:25 | |||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2016 00:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32990 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |