PENGARUH ATHLETE CONFORMITY TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA DBL STORE DI SURABAYA DENGAN KONSUMSI SIMBOLIK SEBAGAI VARIABEL MODERASI

MILA DEWI KARTIKA, 041112367 (2014) PENGARUH ATHLETE CONFORMITY TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA DBL STORE DI SURABAYA DENGAN KONSUMSI SIMBOLIK SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kartikamil-33508-6.abstr-k.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
188.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan merupakan salah satu bauran promosi yang memegang peranan sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Salah satu sumber pendukung iklan biasanya disebut endorser. Penggunaan selebriti atau public figure sebagai endorser mempunyai pengaruh yang besar dalam menciptakan ketertarikan dan tindakan yang berhubungan dengan niat beli konsumen. Ketika membeli produk, konsumen tidak hanya melihat dari fungsinya saja tetapi juga karena mereka ingin meniru atau mengikuti atribut-atribut yang digunakan oleh idola mereka, hal ini dapat disebut conformity. Menggunakan atlet yang terkenal akan menimbulkan nilai citra dan symbol pada produk tersebut sehingga konsumen tertarik untuk mengkonsumsinya (konsumsi simbolik) dan menimbulkan niat beli. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh athlete conformity terhadap niat beli dengan konsumsi simbolik sebagai moderasi. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 responden yang berbelanja pada DBL Store di Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh athlete conformity terhadap niat beli. Teknik yang kedua menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) untuk mengetahui apakah moderasi konsumsi simbolik memoderasi athlete conformity terhadap niat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa athlete conformity berpengaruh terhadap niat beli konsumen. Sedangkan konsumsi simbolik juga berpengaruh terhadap niat beli konsumen, tetapi konsumsi simbolik tidak memoderasi athlete conformity terhadap niat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 251/14 Kar p
Uncontrolled Keywords: PURCHASING; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MILA DEWI KARTIKA, 041112367UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Wahyuni, Prof.Dr.,SE.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 17 Oct 2014 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3310
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item