ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAPFASILITASYANG TERDAPAT DI TAMAN KOTA SURABAYA SEBAGAI PENDUKUNGUPAYA SURABAYA “GREEN CITY”

DIAN NASTITI INDRAYANTI, 081211832005 (2016) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAPFASILITASYANG TERDAPAT DI TAMAN KOTA SURABAYA SEBAGAI PENDUKUNGUPAYA SURABAYA “GREEN CITY”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
ST. S. 33-16 Ind a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta yang memiliki mobilitas serta laju pertumbuhan ekonomi yang pesat. Realisasi pembangunan berkelanjutan di perkotaan menuntut kebutuhan ruang kota. Namun, pada kenyataannya ketersediaan ruang kota seringkali dimenangkan untuk kepentingan ekonomi, sehingga tujuan pembangunan berkelanjutan pada bidang sosial – politik dan lingkungan tidak mendapat perhatian. Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Jawa Timur tahun 2005 – 2020, konsep penataan ruang untuk tujuan proses pembangunan berkelanjutan pada bidang lingkungan yaitu adanya Ruang Terbuka Hijau. Tujuan dibangunnya RTH adalah menciptakan lingkungan asri, segar, indah, nyaman sehingga diharapkan dapat tercipta keserasian antara lingkungan alam dan lingkungan binaan bagi masyarakat yang tinggal. RTH yang terdapat di Surabaya sejumlah 71 taman aktif dan 295 taman pasif. Taman aktif dilengkapi berbagai fasilitas guna mempernyaman aktifitas masyarakat yang datang ke taman tersebut. Taman – taman kota selalu dipenuhi oleh pengunjung, terutama pada akhir pekan. Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke taman kota, maka fasilitas yang disediakan oleh Pemkot harus sesuai dengan harapan pengunjung, yang bermanfaat menunjang kenyamanan pengunjung di taman kota tersebut. Penelitian ini dilakukan di lima taman Kota Surabaya yaitu Taman Bungkul, Taman Prestasi, Taman Flora, Taman Pakal, Taman Kenjeran. Tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan perhitungan CSI menyatakan bahwa pengunjung Taman Prestasi merasa puas dan pengunjung empat taman lainnya (Taman Bungkul, Taman Flora, Taman Pakal, Taman Kenjeran) merasa cukup puas dengan fasilitas yang disediakan DKP Kota Surabaya. Fasilitas yang perlu mendapatkan perhatian dan dibenahi adalah lahan parkir, jaringan wifi, perpustakaan. Mayoritas pengunjung taman kota Surabaya berjenis kelamin perempuan dan berprofesi sebagai ibu rumah tangga dengan berkuensi berkunjung seminggu sekali. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada DKP Kota Surabaya dalam pemeliharaan taman Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST. S. 33/16 Ind a
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Taman Kota Surabaya, Kepuasan Pengunjung
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT161-165 Garden cities. "The city beautiful"
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
DIAN NASTITI INDRAYANTI, 081211832005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Sediono, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Jun 2016 05:25
Last Modified: 21 Jun 2016 05:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33162
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item