Ira Hasti Priyadi (2015) Peran Valuasi Dan Penyajian Human Resources Accounting Untuk Guru Di Institusi Pendidikan. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (690kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf Download (546kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (738kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (774kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only until 8 February 2023. Download (968kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL .pdf Restricted to Registered users only until 8 February 2023. Download (754kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB 4 METODE PENELITIAN .pdf Restricted to Registered users only until 8 February 2023. Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8. BAB 5 ANALISIS DAN PEMBAHASAN HASIL .pdf Restricted to Registered users only until 8 February 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
9.BAB 6 SIMPULAN DAN SARAN .pdf Restricted to Registered users only until 8 February 2023. Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (760kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model valuasi dan penyajian HRA yang paling tepat di gunakan di institusi pendidikan, mengetahui alasan belum diterapkannya HRA, serta untuk mengetahui peran HRA di institusi pendidikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Source Based Theory (RBT), teori akuntansi sumber daya manusia, teori pengukuran nilai sumber daya manusia, dan teori penyajian akuntansi sumber daya manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode participatory observation research karena dibutuhkan sebuah penelitian yang mendalam untuk memperoleh informasi mengenai human resources yang dapat diaplikasikan di institusi pendidikan. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik yayasan sekolah, bendahara sekolah, kepala sekolah, serta tokoh pendidikan yang concern di bidang penilaian kinerja guru. Analis data dimulai dengan melakukan observasi awal mengenai permasalahan HRA, kemudian mengorganisir dan menyiapkan data untuk dianalisis, proses coding, menganalisis data dengan cara memverifikasi data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta membuat kesimpulan mengenai saran valuasi yang paling tepat di istitusi pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru merupakan sumber daya yang paling berharga dalam sebuah sekolah, dan harus dikategorikan sebagai sebuah aset, bukan menjadi beban karena memberikan future benefit bagi sekolah. Selain itu tiap-tiap guru mempunyai perbedaan value yang melekat dan harus divaluasi oleh sekolah sedangkan sekolah tidak mempunyai kriteria yang tepat dalam melakukan valuasi. Akuntansi sumber daya manusia menggunakan model valuasi discounted value of future wages model dipilih sebagai model valuasi yang paling sesuai digunakan di institusi pendidikan agar nantinya HRA disajikan sebagai additional information yang bermanfaat bagi manajemen sekolah dan guru sebagai individual.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TEA. 24/15 Pri p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Akuntansi Sumber Daya Manusia, Institusi Pendidikan, Human Capital, Model Valuasi HRA, Penyajian HRA | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Sheli Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2020 02:36 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33516 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |