Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Angkutan Umum Di Surabaya (Studi Tentang Izin Trayek Angkutan Kota Di Surabaya)

Ratna Puspitasari (2015) Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Angkutan Umum Di Surabaya (Studi Tentang Izin Trayek Angkutan Kota Di Surabaya). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (769kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (803kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (567kB)
[img] Text (BAB 1)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (636kB)
[img] Text (BAB 2)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7. BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8. BAB V HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
9. BAB VI PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (548kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengevaluasi penyelenggaraan angkutan umum khususnya izin trayek angkutan kota di Surabaya serta faktor-faktor yang menjadi penyebab kegagalan kebijakan. Buruknya pelayanan angkutan kota di Surabaya menjadi penyebab tidak terpenuhi rasa nyaman dan jaminan keselamatan pengguna angkutan kota sehingga pengguna angkutan kota beralih pada kendaraan pribadi yang menambah kemacetan lalu lintas di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kebijakan tidak diimplementasikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Sehingga tujuan kebijakan tidak tercapai. Hal ini dapat diketahui dari jumlah angkutan kota di Surabaya pada tahun 2014 sebanyak 5.031 unit, yang memiliki izin trayek 1.889 unit atau 37,55%, sedangkan yang tidak memiliki izin trayek (tidak laik jalan) 3.142 unit atau 62,45%. Kesimpulan, kebijakan penyelenggaraan angkutan umum khususnya izin trayek di Surabaya belum efektif dan efisien, karena masih banyak angkutan kota yang beroperasi tanpa izin trayek (tidak laik jalan) 62,45%. Kebijakan ini juga tidak memenuhi kriteria kecukupan, pemerataan dan responsivitas. Karena tujuan dari kebijakan tidak tercapai. Faktor-faktor yang menjadi penyebab kegagalan kebijakan adalah 1) Kepemilikan/penyenggaraan angkutan kota oleh perorangan. 2) Adanya jual-beli izin trayek yang tidak dilaporkan pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Sehingga kebijakan tidak diimplementasikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 3) adanya penyimpangan (praktek percaloan) pada uji kendaraan. 4) pengemudi bekerja berdasarkan setoran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKP. 12/15 Pus e
Uncontrolled Keywords: evaluasi kebijakan, izin trayek, angkutan kota
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE323-328 Transportation geography. Trade routes
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
Ratna PuspitasariNIM071314353003
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih SuaediNIDN0026026306
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Feb 2020 05:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item