PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA OLEH PELAKU TINDAK PIDANA TERKAIT PEMALSUAN WEBSITE BANK

GRAHADI PURNA PUTRA, 031141056 (2010) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA OLEH PELAKU TINDAK PIDANA TERKAIT PEMALSUAN WEBSITE BANK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-putragraha-39558-6.abstr-k.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
18.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan tindak pidana siber dibidang perbankan di Indonesia lebih bervariasi walaupun pada awalnya didominasi oleh kejahatan penipuan dengan menggunakan kartu kredit orang lain dalam transaksi melalui internet (carding) setelah itu bermunculan modus-modus kejahatan baru lainnya di Indonesia yaitu kejahatan pemalsuan website bank yang memanfaatkan kelengahan nasabah yang salah mengetikkan alamat bank online yang ingin diaksesnya. Pelakunya sudah menyiapkan situs palsu yang mirip dengan situs asli bank online (forgery). Jika ada nasabah yang salah ketik dan masuk ke situs bank palsu tersebut, maka pelaku akan merekam user ID dan password nasabah tersebut untuk digunakan mengakses ke situs yang sebenarnya (illegal access) dengan maksud untuk merugikan nasabah. Di Indonesia tindak pidana dengan menggunakan komputer sejak dahulu masih sulit untuk dinyatakan atau dikategorikan sebagai tindak pidana, karena terbentur dengan asas legalitas (Pasal 1 ayat 1 Kitab Undang- Undang Hukum Pidana) “Tiada suatu perbuatan dapat dipidana jika suatu peraturan belum ada ketentuannya”. Hal tersebut cenderung sangat membatasi penegak hukum di Indonesia untuk melakukan penyelidikan dan atau penyidikan guna mengungkap perbuatan tersebut. Adapun saat ini dengan keberadaannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik belum cukup efektif untuk dapat menanggulangi dan mempertanggungjawabkan perbuatan pelaku tindak pidana dengan menggunakan komputer khususnya tindak pidana terkait pemalsuan website bank. Kenyataan tersebut menuntut adanya berbagai pendekatan (sosial, teknologi dan hukum) untuk menanggulangi dan mempertanggungjawabkan perbuatan bagi para pelaku pemalsuan website bank tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH. 41-15 Put p
Uncontrolled Keywords: Criminal Liability, Crime, Fraud Bank website.s
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1401-1578 Intellectual property > K1411-1485 Copyright
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
GRAHADI PURNA PUTRA, 031141056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Suheryadi, S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 30 Oct 2016 21:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33798
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item