Daya Ikat Klausul Arbitrase Dalam Perjanjian Terhadap Ahli Waris

Jemmi Putra Pratama Simanjuntak (2015) Daya Ikat Klausul Arbitrase Dalam Perjanjian Terhadap Ahli Waris. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (654kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (630kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (609kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (716kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II KARAKTER DAYA IKAT KLAUSUL ARBITRASE DALAM PERJANJIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 4 March 2023.

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III HAK DAN KEWAJIBAN PARA AHLI WARIS TERHADAP PERJANJIAN ARBITRASE YANG DIBUAT OLEH PEWARIS (MENURUT BW).pdf
Restricted to Registered users only until 4 March 2023.

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 4 March 2023.

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN.pdf

Download (678kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 4 March 2023.

Download (717kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Arbitrase sebagai salah satu cara penyelesaian sengketa yang didasarkan atas kesepakatan para pihak di kalangan bisnis, biasanya dijadikan pilihan dalam penyelesaian sengketa yang mungkin timbul. Hukum acara dalam penyelesaian sengketa melalui arbitrase berbeda dengan hukum acara melalui Peradilan Umum, dimana melalui arbitrase upaya hukum yang dapat dilakukan lebih terbatas. ahli waris perlu dilindungi secara hukum dengan adanya klausul arbitrase guna melindungi hak-hak dari ahli waris, agar ahli waris dimungkinkan untuk menarik kembali klausul arbitrase yang telah dibuat oleh pewaris. Klausul arbitrase dalam perjanjian yang dibuat oleh pewaris akan dilanjutkan oleh ahli waris karena pewaris meninggal, dimana perjanjian tersebut meninggalkan kewajiban ahli waris untuk memenuhi prestasi, dan apabila ahli waris tidak bisa memenuhi prestasi atau terjadi sengketa antara ahli waris dengan pihak yang terikat dalam perjanjian tersebut, tentu penyelesaian sengketa ini akan diselesaikan di badan arbitrase yang telah dipilih pewaris dan pihak yang terlibat dalam perjanjian tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, kapal laut yang masih dalam proses pembangunan dapat dijadikan agunan, sebagaimana yang disebutkan dalam Penjelasan Pasal 33 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2002 tentang Perkapalan, namun kapal laut yang dimaksud sudah didaftarkan sementara, sebagaimana yang disebutkan dalam Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 tahun 2012 tentang Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal, yang mana syarat penting untuk dapat dibuatkan Akta Pendaftaran Kapal Sementara adalah apabila kapal yang dalam proses pembangunan tersebut telah mencapai 50% atau paling sedikit secara fisik telah mencapai tahap penyelesaian bangunan lambung, geladak utama, dan seluruh bangunan atas. Lembaga jaminan yang membebani kapal laut dalam proses pembangunan adalah lembaga jaminan hipotek. Penghipotekkan kapal tidak akan lepas dari perjanjian kredit yang menjadi perjanjian pokok, sedangkan jaminan hipotek merupakan perjanjian accessoir atau tambahan. Pembebanan hipotek dilakukan di Kantor Syahbandar dimana kapal tersebut didaftarkan, dilakukan oleh Pejabat Pendaftar dan Pencatat Baliknama Kapal, dan dicatat di dalam Daftar Induk.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH. 69-15 Sim d
Uncontrolled Keywords: Security, Mortgage, Ship Under Constructions
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB632-636.2 Inheritance and succession
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Jemmi Putra Pratama SimanjuntakNIM031414153001
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus SekarmadjiNIDN0010086803
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 03 Mar 2020 06:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33926
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item