Deteksi Dini Infeksi Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) pada Jama'ah Haji Debarkasi Bandara Juanda 2013

Marwan (2014) Deteksi Dini Infeksi Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) pada Jama'ah Haji Debarkasi Bandara Juanda 2013. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2016-marwan-40559-11.abst-k.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang Pelaksanaan ibadah haji tahun ini dibayangi oleh suatu kekhawatiran akan penyebaran ke seluruh dunia suatu outbreak sindroma gangguan pernapasan akut dan berat akibat virus corona baru yang sedang terjadi di Arab Saudi serta di negara Jazirah Arab lainnya yakni Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV). Tujuan Mengetahui adanya jama'ah haji Debarkasi Bandara Juanda tahun 2013 yang terinfeksi MERS-CoV Metode Deteksi ini dilakukan kepada seluruh jama'ah haji yang tiba di Debarkasi Bandara Juanda. Deteksi Coronavirus menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dari spesimen hapusan tenggorok jama'ah haji yang terdeteksi suhu tubuhnya > 38°C dengan thermal scanner dan menunjukkan gejala batuk yang disertai atau tanpa disertai gejala sesak napas. Hasil Sebanyak 28.500 jama'ah haji yang tiba di Debarkasi Haji Bandara Juanda tahun 2013 telah dideteksi. 21 jama'ah terdeteksi dengan gejala demam (suhu tubuh > 38°C) disertai batuk atau gejala respiratorik lain. Empat dari 21 jama'ah haji tersebut disertai dengan gejala sesak napas. Pada pemeriksaan menggunakan PCR kepada 21 jama'ah haji tersebut, tidak ditemukan adanya infeksi MERS-CoV. Hasil uji bakteriologis terhadap empat jama'ah haji yang disertai gejala sesak napas didapatkan adanya infeksi bakteri.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKA KK PPDS . PKR. 04-15 Mar d
Uncontrolled Keywords: Infeksi Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV), Jama'ah Hajis
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Pulmonologi dan Ilmu kedokteran Respirasi
Creators:
CreatorsNIM
MarwanUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArief Bakhtiar, dr., Sp.PUNSPECIFIED
Thesis advisorMuhammad Amin, Prof. Dr., dr., Sp.P(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 23:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34008
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item