ASPEK KONTRAKTUAL DALAM PERJANJIAN KERJA SAMA DAERAH

PATRIA WIDYASTUTI, 031214253077 (2014) ASPEK KONTRAKTUAL DALAM PERJANJIAN KERJA SAMA DAERAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2016-widyastuti-40836-4.abst-k.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyelenggaraan sistem pemerintahan daerah diarahkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan tujuan negara berdasarkan alinea keempat Pembukaan UUDNRI Tahun 1945. Penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui sistem otonomi daerah ini perlu ditingkatkan demi efisiensi dan efektivitas pembangunan nasional dalam menghadapi persaingan dunia di era globalisasi. Dalam perwujudan pencapaian tujuan pemerataan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Pusat memberikan kewenangan terhadap Pemerintahan Daerah untuk mengatur dan mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada didaerahnya masing-masing. Salah satu kewenangan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintahan Daerah adalah Pemerintahan Daerah dapat melaksanakan hubungan dan kerjasama dengan daerah maupun dengan pihak ketiga. Berbicara mengenai kerja sama daerah, maka juga akan berbicara mengenai hubungan-hubungan daerah dengan daerah maupun daerah dengan badan privat. Perjanjian kerja sama derah tidak selalu berjalan dengan baik. Hubungan kerjasama yang terjalin itu bukan tidak mungkin akan menimbulkan sengketa diantara para pihak yang mengikatkan diri dalam suatu hubungan kerjasama. Oleh sebab itu, upaya penyelesaian sengketa dalam penyelenggaraan kerja sama daerah juga akan diulas dalam penulisan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.08/16 Wid a
Uncontrolled Keywords: Kerjasama Pemerintah Daerah, Hubungan kontraktual, upaya Penyelesaian Sengketa.s
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
PATRIA WIDYASTUTI, 031214253077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Sogar Simamora, Prof. Dr. S. H., M. H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 22:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34017
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item