Andy Bing Antoro, 090310626L (2006) PENGARUH PERSEPSI ATAS ATRIBUT PRODUK, PENCARIAN VARIASI DAN KETIDAKPUASAN PELANGGAN TERHADAP NIAT PERPINDAHAN MEREK SEPATU SPOTEC. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-antoroandy-6754-te4607-k.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-antoroandy-6754-te4607.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perpindahan merek adalah suatu hal yang sering terjadi dan dilakukan oleh pelanggan. Semakin banyaknya produk-produk dengan merek baru dikeluarkan akhir-akhir ini, menyebabkan pelanggan semakin mempunyai banyak pilihan produk sebagai produk pengganti dari produk yang telah dikonsumsi sebelumnya. Fenomena ini tidak hanya terjadi di negara-negara dengan perindustrian yang maju, akan tetap terjadi juga di Indonesia. Perpindahan merek ini dapat berdampak positif ataupun negatif bagi perusahaan. Di satu sisi, dapat meningkatkan penjualan dikarenakan perpindahan pelanggan dari produk lain. Di lain sisi, dapat pula terjadi perpindahan ke perusahaan pesaing. Perilaku perpindahan merek ini merupakan suatu fenomena yang kompleks dan dipengaruhi oleh faktor-faktor keperilakuan pelanggan, persaingan dan waktu. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel persepsi atas atribut produk, pencarian variasi, dan ketidakpuasan pelanggan sepatu olahraga merek SPOTEC terhadap niat perpindahan merek. Penelitian ini adalah penelitian ekspolatif dengan riset deskriptif dan riset kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah responden pelanggan sepatu olahraga yang menggunakan sepatu olahraga merek SPOTEC sejumlah 100 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Statistik Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS 11.5 for Windows. Berdasarkan pengujian model dengan regresi, maka didapatkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi atas atribut produk, pencarian variasi, dan ketidakpuasan pelanggan berpengaruh cukup signifikan terhadap niat perpindahan merek sepatu SPOTEC. Sedangkan dilihat dari arah hubungan antar variabelnya secara parsial diketahui bahwa variabel pencarian variasi dan ketidakpuasan pelanggan mempunyai hubungan positif terhadap perpindahan merek. Sedangkan persepsi atas atribut produk mempunyai hubungan negatif terhadap perpindahan merek. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu masih lemahnya hasil dari model regresi yang ditunjukkan oleh hasil pengujian koefisien determinasi (R2) yang hanya sebesar 21,3 % dan sisanya 78,7 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TE 46/07 Ant p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | brand switching, perception on product attribute, variety-seeking, and customer dissatisfaction | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Shela Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2017 21:21 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34199 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |