DANNY WRESNIWIRA DANANDJAJA, 090310512L (2006) STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMANFAATAN HUNIAN KELAS UTAMA RSAL DR. RAMELAN SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
A.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-danandjaja-6376-tka62_07-min.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Ramelan (RSAL) merupakan salah satu dari 4 rumah sakit di Surabaya yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). Oleh Mabes TNI, RSAL ditetapkan sebagai pusat pelayanan rujukan seluruh rumah sakit militer di kawasan Indonesia bagian timur. Sehingga tidak hanya prajurit TNI AL saja yang harus dilayani tetapi juga semua prajurit TNI AD dan TNI AU beserta keluarganya. Tetapi secara umum, BOR kelas utama RSAL masih rendah yaitu 37,12% pada tahun 2003 dan 62,52% pada tahun 2004. Jumlah ini masih dibawah nilai BOR ideal yaitu 70-85% (Depkes RI, 1993). Penelitian ini merupakan riset pemasaran dengan meneliti karakteristik konsumen yang terdiri dari karakteristik demografi, domisili, sosio ekonomi dan psikografi. Serta menilai kondisi internal RSAL berdasarkan aspek 7P bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi strategi pemasaran sebagai upaya meningkatkan pemanfaatan hunian kelas utama RSAL berdasarkan segmentasi pasar, targeting, positioning, FGD dan analisis terhadap karakteristik konsumen dan kondisi internal RSAL yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian dilakukan di RSAL Surabaya mulai bulan Mei sampai Juli 2006. Unit analisis adalah kelas utama dan kelas satu RSAL dengan jumlah sampel 93 pasien. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa segmen pasar RSAL Surabaya khususnya kelas utama dan kelas satu berdasarkan karakteristik sosio demografi adalah masyarakat yang bertempat tinggal di daerah Surabaya selatan dan Sidoarjo utara dengan pekerjaan sebagai pegawai swasta dan wiraswasta yang berpenghasilan di atas 2 juta serta perusahaan dan instansi-instansi baik pemerintah maupun swasta yang memiliki asuransi. Karakteristik psikografi responden berdasarkan kebutuhan responden baik kelas utama maupun kelas satu adalah ruang perawatan yang bersih dan nyaman, ada taman yang asri, ada tempat parkir yang luas, sebagian besar responden membutuhkan dokter spesialis penyakit dalam, bedah dan anak. Kebutuhan terhadap layanan penunjang medis seperti laboratorium dan radiologi. Responden membutuhkan dokter yang visite teratur dan tepat waktu, tanggap dengan keluhan pasien, serta perawat yang cekatan, ramah dan sopan melayani pasien. Karakteristik psikografi berdasarkan pengetahuan responden baik kelas utama maupun kelas satu yaitu masih banyak responden yang tidak mengetahui pelayanan dokter spesialis syaraf, anak, kebidanan dan kandungan. Layanan penunjang medis seperti hemodialisis, fisioterapi, hiperbarik. Fasilitas umum seperti tempat penitipan anak, salon kecantikan, fasilitas perbankan dan ATM. Upaya promosi melalui koran, radio, TV, bakti sosial dan seminar. Tarif pemeriksaan laboratorium, hemodialisis, dan radiologi. Dari hasil penilaian responden dapat diketahui bahwa masih banyak responden yang menilai dokter kurang jelas dalam menyampaikan informasi, dokter kurang perhatian, cakap dan trampil dalam menangani pasien, meskipun sebagian besar responden menilai dokter menyampaikan informasi dengan jelas, dokter cukup perhatian, cakap dan trampil menangani pasien. Menurut sebagian besar responden perawat trampil, tanggap, sopan dan ramah melayani pasien, tetapi masih banyak juga responden yang menilai perawat kurang trampil, tanggap, sopan dan ramah melayani pasien. Banyak responden yang menilai bahwa fasilitas ruangan dan penunjang medis di kelas utama kurang lengkap serta kurang terawat meskipun sebagian besar responden menilai fasilitas ruangan dan penunjang medis di kelas utama sudah lengkap. Dan untuk upaya promosi, sebagian besar responden menilai RSAL jarang melakukan promosi bahkan banyak juga yang menilai sangat jarang. Hasil dari segmentasi tersebut digunakan sebagai dasar untuk menetapkan target pasar dan memposisikan produk RSAL di benak konsumen. Dari hasil penelitian tersebut, maka saran peneliti dalam rangka peningkatan hunian kelas utama adalah sebagai berikut: Merancang proses: memberikan pelatihan pada paramedis khususnya perawat untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya serta memberikan pelatihan customer service seluruh staf RS agar bersikap ramah dan sopan pada konsumen serta menanamkan budaya dan nilai-nilai organisasi pada seluruh staf RS. Memberikan pelatihan komputer untuk seluruh staf RS dalam upaya mempersiapkan era komputerisasi di RSAL. Meningkatkan perawatan fasilitas ruangan dan penunjang medis sehingga dapat di manfaatkan secara maksimal. Merancang tempat: agar suasana ruang perawatan dan di sekitarnya selalu nyaman, maka diupayakan untuk selalu menjaga kebersihan ruangan dan taman di sekitar ruang perawatan serta memperluas tempat parkir. Merancang promosi: membuat brosur/ leaflet yang berisi tentang keunggulan RSAL khususnya kelas utama dan fasilitas-fasilitas penunjang medis serta fasilitas umum yang tersedia yang di sebarkan ke perusahaan-perusahaan, instansi pemerintah dan swasta. Melakukan upaya promosi lain seperti memperbanyak pemasangan papan petunjuk ditepi jalan yang mudah dilihat masyarakat, promosi melalui media TV dan radio.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK. TKA 62/07 Dan s | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Marketing strategy, segmentation, targeting, positioning, main-class, Surabaya Naval Hospital | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Shela Erlangga Putri | |||||||||
Date Deposited: | 2016 | |||||||||
Last Modified: | 06 Jun 2017 20:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34242 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |