Dimyath, 090010134L (2005) ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN PENGGUNA KAPAL PENYEBERANGAN DARI PELABUHAN BATAM CENTRE MENUJU PELABUHAN SINGAPURA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-dimyath-6797-te4307-k.pdf Download (635kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-dimyath-6797-te4307-min.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Banyak terdapat perbedaan perilaku konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC-Singapura). Perbedaaan tersebut dapat diklasifikasikan atas dasar status, tujuan dan sifat informasi. Perbedaan konsumen pengguna kapal penyeberangan didasarakan pada kepentingan konsumen selaku pemakai jasa transportasi. Jika dibicarakan tentang perilaku konsumen. Di dalamnya termasuk pengambilan keputusan konsumen. Keputusan konsumen amatlah penting untuk memutuskan jasa pengangkutan mana yang digunakan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Keputusan konsumen pengguna jasa angkutan kapal penyeberangan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kelayakan harga, atau tarif jasa angkutan,. Faktor eksternal meliputi atribut produk, distribusi, dan promosi. Atribut produk berhubungan dengan kenyamanan, kemananan, dan fasilitas internal. Distribusi berhubungan dengan fasilitas eksternal, keselamatan penyeberangan dan ketepatan waktu. Promosi berhubungan dengan perilaku pramuniaga. Masalah yang dapat dirumuskan dari penelitian ini adalah : 1. Apakah harga (XI) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura) ? 2. Apakah kenyamanan (X2) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura) ? 3. Apakah keamanan (X3) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura) ? 4. Apakah fasilitas internal (X4) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura) ? 5. Apakah fasilitas eksternal (X5) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura) ? 6. Apakah keselamatan penyeberangan (X6) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura) ? 7. Apakah perilaku pramuniaga (X7) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura) ? 8. Apakah ketepatan waktu (X8) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbor Front Pelabuhan (WTC - Singapura) ? Hipotesis dari penelitian ini adalah 1. Diduga harga (X1) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura). 2. Diduga kenyamanan (X2) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura). 3 Diduga keamanan (X3) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura). 4. Diduga fasilitas internal (X4) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura). 5. Diduga fasilitas eksternal (X5) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura). 6. Diduga keselamatan penyeberangan (X6) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura). 7. Diduga perilaku pramuniaga (X7) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura). 8. Diduga ketepatan waktu (X8) berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre (Kota Batam) menuju Harbour Front Pelabuhan (WTC - Singapura). Metodologi dari Penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : Variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu Y = Keputusan konsumen, X1 = Harga, X2 = Kenyamanan, X3 = Keamanan, X4 = Fasilitas Internal, X5 = Fasilitas Eksternal, X6 = Keselamatan penyeberangan, X7 = Perilaku pramuniaga, X8 = Ketepatan waktu. Sample yang digunakan adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi sehingga sample harus betul – betul representative atau mewakili. Sampel yang digunakan adalah minimal 145 (jumlah indikator dalam penelitian ini 29 indikator dikali lima (Augusty Ferdinand, 2002)) orang dengan prosedur penarikan sampel yang digunakan adalah sampling acak sederhana yang pernah menggunakan fasilitas kapal penyeberangan dari Pelabuhan Batam Centre menuju Harbour Front (WTC - Singapura) dan berusia minimal 17 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah Model SEM (Struktural Equation Model) yang akan mempermudah untuk melihat hubungan kausalitas yang akan diuji. Penguj ian Hipotesis yang digunakan adalah : a) X2-Chi Square Statistic dengan asumsi lebih kecil lebih baik b) RMSEA – The Root Mean Square Error of Approximation 0,08" c) GFI – Goodness of Fit Index 0,90 d) AGFI – Adjusted Goodness of Fit Index >_ 0,90 e) CMIN/DF untuk mengukur tingkat fit-nya sebuah model 2,00 f) TLI Tucker Lewis Index 0,95 g) CFI Comparative Fit Index 0,95 Rancangan Penelitian ini merupakan Penjelasan (explanatory research) dikarenakan penelitian ini nantinya diharapkan dapat menjelaskan hubungan kausal antara variable tertentu melalui pengujian hipotesis . Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari responden melalui sebuah kuisioner, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari lembaga atau instansi terkait yang sudah diolah terlebih dahulu oleh pihak lain. Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen yang pernah menggunakan kapal penyeberangan Batam — Singapura. Sample yang digunakan adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi sehingga sample harus betul — betul representative atau mewakili. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Tidak ada pengaruh harga (XI) terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan. 2. Ada pengaruh kenyamanan (X2) terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan. 3. Ada pengaruh keamanan (X3) terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan 4. Ada pengaruh fasilitas internal (X4) terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan 5. Ada pengaruh fasilitas eksternal (X5) terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan 6. Ada pengaruh keselamatan penyeberangan (X6) terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan 7. Ada pengaruh perilaku pramuniaga (X7) terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan 8. Ada pengaruh ketepatan waktu (X8) terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TE 43/07 Dim a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Internal Price Freshment Security Facility [of] Facility of Eksternal Safety Of Behavior Of Salesgirl Accuracy of Time | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE323-328 Transportation geography. Trade routes K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB3000-3034 Police and public safety |
||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Deby Felnia | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 06 Jun 2017 20:34 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34248 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |