REPRESENTASI KEHIDUPAN KOTA DAN MASYARAKAT URBAN DALAM VISUAL CULTURE MURAL DI SURABAYA

ANDRIAN DEKTISA HAGIJANTO, 090610233 L (2008) REPRESENTASI KEHIDUPAN KOTA DAN MASYARAKAT URBAN DALAM VISUAL CULTURE MURAL DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-hagijantoa-7541-abstract-8.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-hagijantoa-7541-full-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budaya visual diaplikasikan ke semua ranah kehidupan masyarakat di luar bidang seni dan hiburan. Sifat artifisialnya yang luar biasa menyebabkannya perhatian lebih fokus pada gambar daripada konten isinya. Demikian juga pada lukisan dinding (mural). Rangkaian gambar pada mural memiliki makna yang menarik untuk diungkapkan sebab berisi everyday simbolic dan expressive practices, dan menjadi textual practices pada masyarakat. Kehidupan kota dan masyarakat urban yang diartikulasikan pada mural `Sing Tertib lan Rapi, rek menarik untuk diteliti sebab menjadi dialektika visual masyarakat kota Surabaya dengan problematika sosialnya. Semiotika Peirce dipakai untuk menelaah tanda-tanda pada gambar simbolis yang terkandung dalam lukisan mural dengan menggunakan Metodologi Visual. Analisis semiotik menitik beratkan pada visual image itu sendiri dan melihatnya sebagai ikon, indeks, dan simbol. Cara menganalisis terletak pada komposisi visual image, relasi aspek sosial yang erat kaitannya dengan representasi kehidupan kota masyarakat urban. Tradisi semiotika dalam pendekatan visual culture digunakan untuk membedakan tanda berdasarkan metafora dan metoniminya sebab tanda akan selalu berkaitan dengan proses seleksi ataupun kombinasi antara satu tanda dengan tanda yang lain. Analisis tanda pada tataran laten (argumen) dilakukan untuk mengungkap hal-hal yang berkenaan pada konvergensi media, kehidupan kota dan masyarakat urban kota ideal, simbol-simbol sosial, dan kekuasaan media.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.09/08 Hag r
Uncontrolled Keywords: Dialektika visual, Mural, Metodologi visual, Semiotika
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT361-384 Urbanization. City and country
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ANDRIAN DEKTISA HAGIJANTO, 090610233 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 18:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34283
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item