STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS GANDING KABUPATEN SUMENEP MELALUI PENDEKATAN MATRIKS ANSOFF

FAJAR HARINI, 090410803L (2006) STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS GANDING KABUPATEN SUMENEP MELALUI PENDEKATAN MATRIKS ANSOFF. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-harinifaja-6371-tka50_0-k.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-harinifaja-6371-tka50_07.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kabupaten Sumenep melalui Matriks Ansoff Puskesmas adalah unit pelaksana pembangunan kesehatan yang mandiri dan mempunyai wilayah kerja satu kecamatan. Hal ini berarti Puskesmas diberi wewenang untuk menentukan sendiri program prioritas di wilayah kerjanya, dengan syarat tetap mengarah pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Di era global seperti saat ini semakin banyak organisasi pelayanan kesehatan bermunculan, hal tersebut menyebabkan terjadinya persaingan dalam peningkatan jumlah kunjungan pasien. Karena adanya tuntutan persaingan dari praktisi kesehatan lain, hal itu memaksa puskesmas untuk berfikir bisnis dan berinovasi terhadap bentuk layanan yang diberikan. Inovasi yang dilakukan hams disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Puskesmas Ganding merupakan salah satu Puskesmas yang membuat inovasi terhadap bentuk layanan kesehatan, yaitu pelayanan kesehatan reproduksi dan pelayanan khusus usia lanjut walaupun demikian jumlah kunjungan pasien rawat jalan masih mengalami penurunan setiap tahunnya. Latar belakang penelitian ini adalah turunnya jumlah kunjungan pasien rawat jalan Puskesmas Ganding Kabupaten Sumenep selama kurun waktu dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2005 yaitu rata-rata sebesar 4,142 % kunjungan. Untuk mengatasi kondisi tersebut maka strategi pemasaran dengan pendekatan Matriks Ansoff merupakan pilihan untuk meningkatkan kunjungan pasien rawat jalan di Puskesmas Ganding. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun strategi pemasaran unit rawat jalan Puskesmas Ganding Kabupaten Sumenep dengan pendekatan Matriks Ansoff Dengan menggunakan Matriks Ansoff maka situasi bersaing suatu organisasi atau perusahaan dapat disederhanakan menjadi dua dimensi saja, yaitu produk dan pasar. Dalam Matriks Ansoff terdapat empat alternatif tindakan yang mungkin bagi suatu organisasi atau perusahaan, yaitu 1) menjual produk yang ada ke pasar yang ada; 2) memperpanjang atau memperluas produk yang ada ke pasar barn; 3) mengembangkan produk bare untuk pasar yang ada; 4) mengembangkan produk barn ke pasar baru. Penelitian ini merupakan riset pemasaran untuk menganalisis harapan konsumen dan pengaruh karakteristik konsumen terhadap pemilihan tempat pelayanan kesehatan. Penelitian dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Ganding Kabupaten Sumenep dengan 210 responden di wilayah Kecamatan Ganding dan 13 karyawan yang bekerja di unit rawat jalan Puskesmas Ganding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang termasuk produk lama di unit rawat jalan Puskesmas Ganding adalah rawat jalan umum, rawat jalan gigi, klinik Kesehatan Ibu dan Anak serta klinik Keluarga Berencana, sedangkan yang termasuk produk barn adalah klinik kesehatan reproduksi dan klinik usia lanjut. Kemudian dari hasil analisis konsumen menunjukkan bahwa konsumen yang telah menggunakan jenis pelayanan rawat jalan umum sebesar 49,2 %, konsumen yang telah menggunakan jenis pelayanan rawat jalan gigi sebesar 22,4 %, konsumen yang telah menggunakan jenis pelayanan kesehatan ibu dan anak sebesar 14,2 % dan yang telah menggunakan jenis pelayanan keluarga berencana sebesar 7,6 %. Sedangkan konsumen yang menggunakan klinik kesehatan reproduksi dan klinik usia lanjut masing-masing sebesar 3,3 %. Setelah dilakukan pemetaan dengan menggunakan Matriks Ansoff, maka jenis pelayanan yang berada pada posisi penetrasi pasar adalah unit rawat jalan umum, rawat jalan gigi, klinik kesehatan ibu dan anak serta klinik keluarga berencana, sedangkan yang berada pads posisi diversifikasi adalah jenis pelayanan kesehatan reprodukasi dan pelayanan usia lanjut. Adapun saran yang dapat diberikan untuk penyusunan strategi pemasaran yang akan direkomendasikan untuk tiap produk rawat jalan di Puskesmas Ganding hendaknya disesuaikan dengan karakteristik demografi, sosio ekonomi, psikografi, geografi, harapan masyarakat, serta lingkungan masyarakat di Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep. Kemudian untuk penambahan atau pengembangan jenis pelayanan kesehatan rawat jalan yang baru hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 50/07 Har s
Uncontrolled Keywords: Ansoff Matrix, strategic marketing, public health care, out patient unit
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
FAJAR HARINI, 090410803LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWindhu Purnomo, Dr.dr.,MSUNSPECIFIED
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, SKM.,M,KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Jun 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34291
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item