Jaminan Penawaran dalam Kontrak Konstruksi

Handry Nova Kurniawan, 030610152/N (2008) Jaminan Penawaran dalam Kontrak Konstruksi. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-kurniawanh-7559-tmk890-k.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
46.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan a. Fungsi dari Jaminan Penawaran atau Bid Bond dalam rangkaian kontrak konstruksi itu sendiri adalah sebagai pengikat agar prinsipal terikat pada penawarannya dan kemudian jika prinsipal tersebut ternyata memenangkan lelang, kontraktor tersebut terikat untuk melaksanakan pekerjaan yang telah ditawarkan oleh bouwheer. Jaminan penawaran atau Bid Bond juga memiliki fungsi yang lain yaitu pihak penjamin dalam hal ini pihak Surety Coy juga akan menjamin jika prinsipal memenangkan pelelangan pemborongan atau tender pekerjaan konstruksi, pihak penjamin akan menyediakan jaminan-jaminan tahap selanjutnya seperti Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond, Jaminan Pembayaran Uang Muka (Advance Payment Bond), dan Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond) sebagai langkah berikutnya setelah memenangkan tender yang diadakan, yaitu pengerjaan proyek itu sendiri. b. Akibat hukum bila Prinsipal wanprestasi dalam perjanjian pemborongan bangunan adalah pemenuhan kewajiban yang diawali dengan pengajuan klaim dari bowheer yang dilengkapi dengan bukti-bukti bahwa prinsipal wanprestasi atau lalai dalam melaksanakan kewajibannya. Pemenuhan kewajiban tersebut berupa pembayaran sejumlah uang yang telah ditentukan dari lembaga penjamin yaitu dalam hal ini adalah Pihak Surety Coy kepada Pihak Bouwheer, sesuai dengan perjanjian penjaminan yang diwajibkan oleh Bouwheer kepada para Prinsipal-prinsipal pada saat hendak mengikuti pelelangan tender atau pekerjaan pemborongan bangunan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 89/08 Kur j
Uncontrolled Keywords: Jaminan, Penawaran, Kontrak, Konstruksi
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7260-7338 Obligations > K7265-7305 Contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Handry Nova Kurniawan, 030610152/NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Moch. Isnaeni, Prof. Dr. S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 28 Feb 2019 05:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34337
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item