PENYAMPAIAN SPT DALAM SISTEM SELF ASSESMENT DENGAN MENGGUNAKAN E - FILLING

Yuvita Tri Mardiana, 090610423 MH (2008) PENYAMPAIAN SPT DALAM SISTEM SELF ASSESMENT DENGAN MENGGUNAKAN E - FILLING. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-mardianayu-6980-thb090-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1. a. Pada prinsipnya self assessment penyampaian SPT dapat menggunakan sistem manual dan sistem E- Filling. Sistem E - Filling merupakan suatu sistem penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan melalui media on line yang real time . Pembayaran pajak dapat dilakukan secara on-line melalui ATM atau e-Banking. Dengan demikian sistem dan prosedur penyampaian SPT E- Filling merupakan sarana untuk mempermudah Wajib Pajak, Pengusaha Kena Pajak, dan Pemotong / Pemungut Pajak menyampaikan SPT ke Direktorat Jenderal Pajak karena tidak banyak memakan waktu, biaya, tenaga, dan efektif serta efisien baik dari segi perhitungan dan penyampaiannya. Selain itu, penyampaian SPT menggunakan E - Filling sesuai dengan prinsip-prinsip hukum pajak yaitu pribadi / privat dan aman karena e-FIN dan Digital Certificate hanya dimiliki bagi mereka yang mempunyai NPWP, satu NPWP memiliki satu e-FIN dan Digital Certificate serta data yang dikirim ke Direktorat Jenderal Pajak tersebut terkirim secara acak ( encryption). b. Peraturan inti menyangkut E- Filling belum cukup untuk menjawab segala permasalahan dalam penyampaian SPT dengan menggunakan E-Filling. Oleh sebab itu, diperlukan peraturan-perturan lain yang berkaitan dengan penyampaian SPT dengan menggunakan E- Filling c. Pada dasarnya tahap penegakan hukum penayampaian SPT E-Filling sama dengan SPT manual/biasa yaitu, sebelum sanksi administrasi dan sanksi pidana diterapkan terhadap pelaku pelanggaran SPT/e-SPT, SPT/e-SPT tersebut harus diteliti, diperiksa. Setelah itu setelah terdapat bukti permulaan telah terjadi tindak pidana berkaitan dengan SPT/e-SPT maka selanjutnya dilakukan penyidikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB 09/08 Mar p
Uncontrolled Keywords: SPT; SISTEM SELF ASSESMENT; E - FILLING
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Yuvita Tri Mardiana, 090610423 MHUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSarwirini, Dr., S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 25 Feb 2019 03:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34371
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item