DIAH NAWANG PALUPI
(2006)
PELAYANAN BALAI LATIHAN KERJA (STUDI TENTANG KINERJA KEPUASAN PENGGUNA JASA BALAI LATIHAN KERIA SURABAYA).
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Perubahan lingkungan strategis di bidang pemerintahan berpengaruh terhadap cara pendekatan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan. Berkembangnya tuntutan demokrasi, transparansi telah mendorong fungsi pemerintah lebih mengarah kepada regulator, fasilitator serta pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memetakan dan mendiskripsikan kinerja pelayanan dan kepuasan pengguna jasa yang dilakukan oleh Balai Latihan kerja Surabaya. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode deskriptif agar dapat mendiskripsikan keadaan subyek atau obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta lapangan. Sumber data primer diperoleh dari 3 orang pejabat struktural, 218 pengguna jasa serta siswa hasil pelatihan sebanyak 768 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan serta kepuasan pengguna jasa pada Balai Latihan Kerja Surabaya, dari sisi akuntabilitas pelayanan kurang akuntabel dan tidak konsisten dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa. Kedua dari sisi orientasi terhadap pelayanan, petugas masih belum sepenuhnya berkonsentrasi penuh terhadap pelayanan publik karena rata-rata petugas memiliki pekerjaan lain. Ketiga masalah kepuasan pengguna Balai Latihan Kerja Surabaya. Bentuk saran yang direkomendasikan adalah dengan meningkatkan pelayanan dengan cara peningkatan kualitas instruktur baik dalam cara pemberian materi maupun penguasaan materi. Selain itu juga diharapkan ada perubahan kurikulum yang disesuaikan dengan pasar kerja serta tersedianya anggaran untuk memperbaharui dan menambah fasilitas sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan pelatihan agar bisa mengimbangi dengan kemajuan tehnologi yang ada sekarang.
Actions (login required)
|
View Item |