PENGARUH IKLIM KESELAMATAN KERJA TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA KESELAMATAN KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. GUNAWAN DIANJAYA STEEL SURABAYA

ZULI ENDAH PURNAMAWATI, 090310625L (2006) PENGARUH IKLIM KESELAMATAN KERJA TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA KESELAMATAN KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. GUNAWAN DIANJAYA STEEL SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-purnamawat-6793-te4107-k.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-purnamawat-6793-te4107.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya peningkatan kualitas keselamatan bagi pekerja tidak hanya menjadi tanggung jawab perusahaan saja tetapi juga menjadi perhatian bagi pemerintah. Hal ini dapat dilihat dengan dikeluarkannya Undang-Undang No.1 tahun 1970 yang mengatur tentang ketenagakerjaan. Penelitian ini akan menerapkan model hubungan kerangka antara iklim keselamatan dan kinerja keselamatan dari Griffin dan Neal, (2000). Kinerja keselamatan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu iklim keselamatan (safety climate) dan motivasi keselamatan kerja dari karyawan bagian produksi di PT Gunawan Dianjaya Steel. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh iklim keselamatan terhadap motivasi keselamatan pada karyawan bagian produksi PT. Gunawan Dianjaya Steel; 2) untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh iklim keselamatan terhadap kinerja keselamatan pada karyawan bagian produksi PT. Gunawan Dianjaya Steel; dan 3) untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh motivasi keselamatan terhadap kinerja keselamatan pada karyawan bagian produksi PT. Gunawan Dianjaya Steel. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan bagian produksi PT. Gunawan Dianjaya Steel sebanyak 313 orang yang meliputi karyawan yang bertugas pada shift 1, shift 2, dan shift 3. Besar sampel pada penelitian ini adalah 78 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sistem random sampling. Teknik analisis yang akan digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program Software AMOS 4.01. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) penelitian ini membuktikan bahwa iklim keselamatan berpengaruh signifikan terhadap motivasi keselamatan; 2) penelitian ini membuktikan bahwa iklim keselamatan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keselamatan; 3) penelitian ini membuktikan bahwa motivasi keselamatan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keselamatan; dan 4) hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim keselamatan mempunyai pengaruh langsung terbesar terhadap kinerja keselamatan dari karyawan bagian produksi PT Gunawan Dianjaya Steel Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 41/07 Pur p
Uncontrolled Keywords: safety climate, safety motivation, safety performance
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ZULI ENDAH PURNAMAWATI, 090310625LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudiman Christiananta, Prof. Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 02 Jul 2019 06:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34450
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item