SIMBOLISASI FILOSOFI PERUSAHAAN MELALUI LOGO PADA PT. SURYA CITRA TELEVISI (SCTV) : Analisis Deskriptif terhadap Logo-Logo SCTV

Silviana Purwanti, 090310606L (2006) SIMBOLISASI FILOSOFI PERUSAHAAN MELALUI LOGO PADA PT. SURYA CITRA TELEVISI (SCTV) : Analisis Deskriptif terhadap Logo-Logo SCTV. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-purwantisi-6330-tsk080-k.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-purwantisi-6330-tsk080-s.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surya Citra Televisi (SCTV), salah satu stasiun TV besar di Indonesia, telah melakukan perubahan logo yang ketiga kali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan simbolisasi filosofi perusahaan melalui logo pada PT SCTV dengan menggunakan analisis deskriptif. Metode ini digunakan untuk memberikan gambaran tentang karakteristik individu, situasi, dan masalah tertentu. Peneliti menggunakan wawancara mendalam dan analisis dokumen sebagai teknik pengumpulan data. Wawancara mendalam digunakan untuk mendapatkan persepsi, pendapat, kenyataan, dan reaksi individu untuk menemukan penyebab dan hasil sebagai solusi dari sebuah masalah. Analisis dokumen digunakan untuk mendukung data yang diperoleh melalui wawancara, dan juga digunakan sebagai bahan pembanding untuk pemeriksaan ulang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa logo pertama dan kedua SCTV menyimbolkan filosofi yang sama, yaitu: cahaya langit biru sebagai simbol kreatifitas, inovasi, dan produktifitas; matahari terbit sebagai simbol dari tujuan SCTV untuk menyajikan kenikmatan menyaksikan televisi hingga ke pelosok tanah air; dan garis cakrawala sebagai simbol visi perusahaan untuk menjadi pemimpin jaringan televisi di Indonesia. Logo ketiga (logo baru) merepresentasikan filosofi yang lebih lengkap dari Surya Citra Media (SCM) sebagai holding company, dan SCTV sendiri. Bentuk bulat sempurna matahari merupakan simbol dari kedewasaan, sejalan dengan filosofi mereka terhadap pencapaian, yaitu: Perform, Professional, Perfect, Prestigious, and Preferred. Teks SCTV dengan warna biru melambangkan langit yang merupakan simbol bahwa SCTV selalu cerah, cemerlang, berwawasan dan variatif sekaligus menghibur dalam setiap program-programnya. Hal ini sesuai dengan filosofi mereka dalam bekerja, yaitu Organized, Obedient, Obliging, Optimistic, dan Occupied. Teks SCTV yang berkesan dinamis dan modern menyiratkan kemauan SCTV untuk terus berkembang mengikuti selera pemirsa dan kemajuan jaman. Bentuk teks SCTV yang bersambung menyimbolkan adanya ikatan yang kuat baik di lingkungan dalam SCTV maupun ikatan dengan pemirsanya. Hal ini juga sejalan dengan filosofi mereka sebagai individu, yaitu Teachable, Thoughful, Thanksful, Trustworthy, dan Triumphant.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 08/07 Pur s
Uncontrolled Keywords: SCTV Logos, Business Philosophy, Describing Analysis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Silviana Purwanti, 090310606LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra., MSUNSPECIFIED
Thesis advisorYuyun W. I. Surya, S.Sos, M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 02 Jul 2019 06:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34453
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item