HARI PURWANTO, 090410781 L (2006) STRATEGI PEMASARAN RSD Dr. H. MOH. ANWAR KABUPATEN SUMENEP BERDASARKAN HASIL AUDIT PEMASARAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-purwantoha-6367-tka64_0-k.pdf Download (563kB) | Preview |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s2-2008-purwantoha-6367-tka64_0-r-minHLM.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
||
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-purwantoha-6367-tka64_0-r-minFULL.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s2-2008-purwantoha-6367-tka64_0-r-minLAMP.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) | Request a copy |
Abstract
RSD dr. H. Moh. Anwar Kab. Sumenep dalam lima tahun terakhir ini (2001 --2005) belum menunjukkan kineja yang diharapkan. Tingkat pemanfaatan pelayanan rawat jalan yang terdiri dari 7 poliklinik dengan kunjungan rata-rata per hari buka klinik sebesar 80. Sedangkan pemanfaatan rawat Map selalu di bawah strandar yang telah ditetapkan, yaitu BOR rata-rata 43,38% (standar 75%). Keadaan yang sudah berlangsung selama 5 tahun ini dipandang perlu dipelajari lebih jauh, khususnya perlu dilakukan tinjauan pada sisi manajemen rumah sakit. Berdasarkan fenomena tersebut diduga masalah memerlukan penyelesaian di tingkat manajemen strategik. Disamping itu masalah diduga juga menyangkut manajemen pemasaran. Sehingga pendekatan dalam mencari solusi yang dipilih adalah mengadakan audit pemasaran untuk mendapatkan masukan guna menyusun strategi pemasaran agar kinerja yang selama lima tahun terakhir ini selalu di bawah standar, dapat dilakukan perbaikan. Di RSD dr. H. Moh. Anwar Kab. Sumenep selama ini belum pernah dilaksanakan audit pemasaran. Tujuan umum penelitian ini adalah menyusun strategi pemasaran RSD dr. H. Moh. Anwar Kab. Sumenep berdasarkan hasil audit pemasaran. Tujuan khususnya adalah pertama menyusun Competitive Setting Profile ( CSP ) dan Company Alignmet Profile ( CAP ) berdasarkan hasil audit pemasaran. Kedua menghitung Competitive Setting Index ( CSI ) dan Company Alignmet Index ( CAI ) berdasarkan hasil audit pemasaran. Ketiga menghitung dan melakukan analisis kesenjangan antara CSI dan CAI. Keempat menentukan posisi organisasi RSD dr. H. Moh. Anwar dan strategi pemasaannya. Rancangan penelitian ini adalah penelitian diskriptif eksploratif. Lokasi penelitian di RSD dr. H. Moh. Anwar Kab. Sumenep. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2006. Unit analisisnya adalah RSD dr. H. Moh. Anwar Kab. Sumenep. Sumber informasi adalah semua pejabat struktural yang berjumlah 15 orang, dokter dan dokter gigi fungsional sebanyak 10 orang, sehingga jumlah totalnya 25 orang. Cara pengambilan data menggunakan metode wawancara dengan panduan kuesioner tertutup dan terbuka, yang dilakukan oleh peneliti sendiri. Landasan teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori audit pemasaran atau marketing audit dari MarkPlus on Strategy yang disusun oleh Hermawan Kartajaya dkk (2003). Menurut teori tersebut audit pemasaran dilakukan kepada para manajer perusahaan, tetapi dalam penelitian ini tidak hanya para manajer RSD dr. H. Moh. Anwar (pejabat struktural). Dokter dan dokter gigi juga diikutkan karena dokter dan dokter gigi mempunyai peran yang sangat penting di dalam maju mundurnya rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Competitive Setting Index (CSI) RSD dr. H. Moh. Anwar sebesar 3,4. Artinya lingkungan bisnis atau profil ekstenal RSD dr. H. Moh. Anwar Kab. Sumenep sesuai dengan orientasi organisasi marketer. Organisasi marketer adalah organisasi beroperasi dengan pemasaran sebagai andalannya, memberikan pelayanan pada segmen-segmen pasar yang didasarkan pada prinsip psikografik dengan memfokuskan pada program efektivitas pasar, difernsiasi produk dan promosi yang edukatif. Sedangkan Company Alignment Index � nya sebesar 1,9. Artinya profil internal RSD dr. H. Moh. Anwar sesuai dengan orientasi orgasasi seller. Organisasi seller adalah organisasi yang beroperasi dengan mengandalkan penjualan sebagai ujung tombak, melakukan kegiatan pemasaran masal yang didasarkan pada prinsip demografik dengan fokus program pengutamaan penampilan produk, promosi masal dan cara penjualan yang persuasif. Analisis kesenjangan dilakukan dengan cara CAI dikurangi CSI. Oleh karena CAI < CSI maka RSD dr. H. Moh. Anwar mengalami kesenjangan negatif, artinya strategi yang diterapkan RSD dr. H. Moh. Anwar kurang agresif dibandingkan turbulensi lingkungan bisnis. Selanjutnya strategi RSD dr. H. Moh. Anwar Kab. Sumenep berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut : Segmentasi : rumah sakit tempat penelitian hares memilih segmentasi hibrida (hybrid segmentation)yaitu segmentasi berdasarkan psikografi � demografi dan Ilmu Kedokteran. Rumah sakit pemerintah mempunyai tugas melayani seluruh lapisan masyarakat. Prinsip segmentasi pelayanan rumah sakit sebaiknya untuk memilah pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, bukan untuk memilih pelanggan yang akan dilayani. Targeting : berdasarkan hasil penelitian ini rumah sakit harus melaksanakan strategi targeting chosen one yaitu memilah pelanggan yang akan dilayani agar dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan psikografinya. Oleh sebab itu strategi targeting chosen one diterapkan untuk meningkatkan augmented product RSD dr. H. Moh. Anwar. Positioning : produk pelayanan RSD dr. H. Moh. Anwar harus ditanamkan di benak pelanggan dengan klaim sebagai satu satunya produk rumah sakit yang selalu diingat pelanggannya (one statement). Disamping itu, masyarakat Sumenep telah mulai melek teknologi. Website RSD dr. H. Moh. Anwar yaitu www.rsdsumenep.somee.com sudah ada yang mengunjungi. Sehingga perlu segera direalisasikan pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi. Untuk di area Madura, ini dapat dimanfaatkan sebagai positioning produk pelayanan kesehatan RSD dr. H. Moh. Anwar.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKA 64/07 Pur s | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Marketing audit, CSP, CAP, marketing strategy | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics |
|||||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Husnul Khotimah | |||||||||
Date Deposited: | 2016 | |||||||||
Last Modified: | 13 Jun 2017 19:20 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34454 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |