PENGARUH KOMUNIKASI-PERSUASIF-EFEKTIF DAN MANFAAT RELASIONAL TERHADAP DONATING DAN PROMOTING PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT

Yani Rahmawati, 090415396 M (2007) PENGARUH KOMUNIKASI-PERSUASIF-EFEKTIF DAN MANFAAT RELASIONAL TERHADAP DONATING DAN PROMOTING PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s2-2008-rahmawatiy-6745-te3407-k.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-rahmawatiy-6745-te3407-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyak penelitian tentang peranan komunikasi persuasif terhadap kesuksesan pemasaran relasional namun mereka lebih fokus pada perusahaan profit baik perusahaan bisnis atau jasa/servis. Penelitian ini ingin mengetahui apakah komunikasi persuasif dan manfaat relasional berpengaruh terhadap donating dan promoting pada organisasi pengelola zakat. Penelitian ini merupakan cross sectional study yaitu penelitian yang dilakukan hanya pada satu waktu tertentu (single period in time). Teknik analisis dengan menggunakan persamaan model struktural (Structural Equation Modeling) dilakukan untuk menguji hipotesis bahwa komunikasi persuasif efektif dan manfaat relasional berpengaruh terhadap donating dan promoting. Para donatur Lembaga Manajemen Infaq (LMI) diambil sebagai sampel dengan menggunakan metode simple random sampling. Kuesioner dikirimkan kepada 450 donatur aktif LMI namun hanya 276 kuesioner yang kembali dan terisi lengkap (61,3%). Hasil perhitungan dengan menggunakan AMOS 4.01, diketahui bahwa efek total komunikasi-persuasif-efektif terhadap donating sebesar 0,22 dan promoting sebesar 0,42. Sedangkan efek total manfaat relasional hanya mempunyai pengaruh pada donating sebesar 0,13, namun tidak pada promoting (-0,07). Adapun pengujian terhadap model konseptual menunjukkan adanya penerimaan model walaupun dengan beberapa keterbatasan (overall model marginal fit). Mengingat komunikasi persuasif berpengaruh terhadap donating dan promoting, maka peneliti menyarankan kepada organisasi pengelola zakat untuk meningkatkan intensitas komunikasi persuasif baik secara interpersonal (misalnya: melalui telepon, surat atau e-mail) maupun impersonal (misalnya: televisi, radio, swat kabar, majalah), dalam rangka mempertahankan kepercayaan mitra donatur dan membangun kepercayaan calon donatur potensial. Juga perlu dipertimbangkan penggunaan teknik atau cara komunikasi persuasif yang efektif. Di samping itu, mengingat tidak adanya pengaruh manfaat relasional terhadap promoting, maka pengembangan jumlah mitra donatur dapat memanfaatkan program member get member yakni mitra donatur lama yang menggaet donatur baru, diberikan penghargaan yang pantas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 34/07 Rah p
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif Efektif, Manfaat Relasional, Pemasaran Relasional, Organisasi Pengelola Zakat; Effective persuasive communication, relationship benefits, relationship marketing, zakat managing organization
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Yani Rahmawati, 090415396 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Gunawan, Dr., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Jan 2019 06:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34468
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item