PIUTANG ATAS NAMA SEBAGAI OBYEK JAMINAN FIDUSIA

NI LUH PUTU AYU NOVI SUCSESIAWATI (2007) PIUTANG ATAS NAMA SEBAGAI OBYEK JAMINAN FIDUSIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-hasriatin-19776-tmk691-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-sucsesiawa-6554-tmk07_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan tersedianya dana bagi dunia usaha makin meningkat, akan tetapi di lain pihak diperlukan pula perlindungan bagi pemilik dana melalui lembaga jaminan yang efektif, sehingga perlu diimbangi dengan adanya ketentuan hukum yang jelas dan lengkap yang mengatur mengenai lembaga jaminan. Salah satu bentuk lembaga jaminan yang diterima dan diakui oleh yurisprudensi di Indonesia adalah Jaminan Fidusia. Hak jaminan fidusia terjadi karena perjanjian penjaminan antara Debitur dengan Kreditur. Pada umumnya obyek jaminan fidusia adalah benda bergerak baik yang sudah ada maupun yang masih akan ada dan piutangpiutang. Dalam prakteknya hanya piutang atas nama yang dapat menjadi obyek jaminan fidusia dan penyerahan mengenai piutang atas nama tersebut dinamakan Cessi yang dilakukan menurut cara atau syarat tertentu. Jika penyerahan mengenai piutang atas nama tersebut dimaksudkan sebagai jaminan perutangan, maka lembaga demikian disebut zekerheidscessie atau Cessi sebagai jaminan. Metode penulisan tesis ini menggunakan penelitian hukum normative yang pendekatannya melalui peraturan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conseptual approach).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 07?08 Suc p
Uncontrolled Keywords: Pitang; obyek jaminan; Fidusia
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7222 Trust and trustees
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
NI LUH PUTU AYU NOVI SUCSESIAWATINIM030410462-N
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch.Isnaeni, Prof.Dr., S.H., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 14 Jun 2017 17:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34530
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item