KEKUATAN MENGIKAT PENGANGKATAN ANAK YANG BERAGAMA HINDU DI BALI

Nyoman Suhardana, 030310316 N (2007) KEKUATAN MENGIKAT PENGANGKATAN ANAK YANG BERAGAMA HINDU DI BALI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-suhardanan-7498-tmk470-k.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-suhardanan-7400-tmk4708.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bahwa perjanjian pengangkatan anak atau Nyentanayang yang dilaksanakan menurut Hukum Adat Bali pada Masyarakat sosial Hindu di Bali, akan memiliki kekuatan Hukum atau sah Materiil, bilamana telah dilaksanakan secara benar sesuai aturan adat. Pengangkatan Sentana secara adat Bali akan selalu menjadi dasar dalam memberikan pengesahan secara Yuridis Formil melalui Penetapan oleh Pengadilan. Bahwa Penetapan Pengadilan hanya bersifat menguatkan keabsahan pengangkatan Sentana secara adat Bali, jika pengangkatan Sentana di dalam lingkungan sosial masyarakat adat Bali dilaksanakan tanpa Upacara adat Widhiwidhana dan tidak mengikuti prosedur yang benar, Pengadilan tidak akan pernah memberikan penetapan. Pengangkatan sentana yang tidak melalui prosesi adat masyarakat Bali dinyatakan tidak sah karena tidak memiliki nilai kekuatan hukum materiil yang artinya tidak memperoleh pengakuan penuh dari masyarakat adat di Bali. Dengan kenyataan bahwa pengangkatan Sentana di dalam masyarakat Hindu di Bali yang dilaksanakan melalui pemerasan dengan upacara adat Widhiwidhana akan memiliki nilai sah yuridis materiil yang berarti memperoleh pengakuan / /legitimasi dari masyarakat hukum adat di Bali, hal ini menjadi prioritas dan selalu akan menjadi dasar bagi Pengadilan dalam mengeluarkan Penetapan Pengesahan Pengangkatan Sentana. Pengangkatan Sentana secara adat Bali membuka hak mewaris pada Anak Sentana yang sama kedudukan hukumnya dengan hak mewaris anak kandung, karena hak mewaris pada anak Sentana dengan upacara Widhiwidhana memperoleh legitimasi/pengakuan secara penuh di dalam lingkungan masyarakat adat di Bali dan Pengadilan dalam mengeluarkan Penetapan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 47/08 Suh k
Uncontrolled Keywords: PENGANGKATAN ANAK; HINDU DI BALI
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K625-709 Persons > K670-709 Domestic relations. Family law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Nyoman Suhardana, 030310316 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hajati, Prof. Dr., S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 14 Jun 2017 17:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34536
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item