PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN AIR MINUM ISI ULANG

ENY SULISTYOWATI, 090114316 (2004) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN AIR MINUM ISI ULANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-sulistyowa-7627-abstract-8.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dari IPB tahun 2003 ternyata sebagian air minum dan depot air minum tercemar bakter coliform. Cemaran yang ada akan membawa dampak yang serius pada kesehatan manusia bahkan dapat menyebabkan kematian. Adanya cemaran tersebut berarti air minum tersebut tidak memenuhi standar air minum Standar air minum yang diproduksi oleh pelaku usaha depot air minum harus memenuhi standar air minum. Standar air minum berkaitan dengan keamanan dan kualitas air minum sebagaimana diatur dalam UU No. 7/1996 tentang Pangan (UU Pangan) dan Kepmenkes No. 907/Menkes/SK/VIl/2002 tentang Syarat-syarat dan Kualitas Air Minum. UU No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) tidak mengatur hal tersebut. UU Pangan sendiri memiliki kelemahan yaitu belum ada Peraturan Pemerintah yang mengatur masalah keamanan dan kualitas air minum yang berkaitan dengan depot air minum. Sedangkan dalam Kepmenkes tersebut diatas tidak mengatur secara tegas tentang jenis jenis air minum yang akan diatur. Berdasarkan UUPK,bagi pelaku usaha depot air minum yang melanggar persyaratan standar air minum dapat digugat oleh konsumen berdasarkan tanggung gugat dengan beban pembuktian terbalik. Hal ini sesuai dengan asas dan tujuan perlindungan konsumen karena konsumea umumnya awam terhadap proses produksi yang dilakukan oleh pelaku usaha depot air minum. Konsumen juga dapat menyelesaikan sengketanya dengan pelaku usaha depot air minum melalui clacs action yang juga telah diakui dalam UUPK dan mekanismesnya juga telah diatur dalam PERMARI No. 1/2002. Melalui mekar isme class action, konsumen depot air minum akan memudahkan konsumen dalam mengajukan gugatan dan bagi hakim tidak direpotkan untuk memeriksa gugatan satu persatu terhadap substansi gugatan yang sama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH.15/08 Sul p
Uncontrolled Keywords: Drinking water depot, Drinking water quality, Drinking water safety, Liability, a Class action.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ENY SULISTYOWATI, 090114316UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPeter Mahmud Marzuki, Prof. Dr., S.H., M.S., LL.MUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Handajani, S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 14 Jun 2017 17:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34548
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item