MAKNA LUKISAN DAMAR KURUNG: Studi Semiotika tentang Lukisan Damar Kurung Karya Masmundari di Kelurahan Tlogo Pojok, Gresik, Jawa Timur

Suprayitno, 090515548M (2008) MAKNA LUKISAN DAMAR KURUNG: Studi Semiotika tentang Lukisan Damar Kurung Karya Masmundari di Kelurahan Tlogo Pojok, Gresik, Jawa Timur. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-suprayitno-7011-ts07_08-k.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-suprayitno-7011-ts07_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini, yang ditulis berdasarkan penelitian lapangan dengan judul yang sama, ditujukan untuk menjawab permasalahan utama yang diajukan, yakni Apakah makna simbol atau tanda yang dihadirkan lukisan Damar Kurung dan Apakah lukisan Damar Kurung merepresentasi realitas sosial masyarakat tempat pelukisnya bermukim. Data lapangan yang dianalisis diperoleh melalui penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis semiotika visual-piktorial untuk mengkaji aspek-aspek sintaksis dan semantik lukisan Damar Kurung untuk menjawab permasalahan pertama, dan analisis semiotika sosial untuk menjawab permasalahan kedua. Kerja analisis semiotika visual-piktorial atas Damar Kurung � lukisan berkategori tradisional dalam gaya naive � memperlihatkan bahwa Damar Kurung hadir sebagai suatu bentuk kesenian berupa tanda atau simbol yang mandiri (Token, Existent) yang mengandung berbagai makna dan nilai. Makna dan nilai yang dikandung lukisan-lukisan Damar Kurung, antara lain: kesalehan dan keimanan (dalam lukisan berbagai kegiatan keagamaan seperti sholat led, tadarus, tarawih, dsb.); kesadaran akan pemeliharan lingkungan (naik perahu, kegiatan pasar, kendaraan bermotor); ritual kehidupan (perkawinan, kelahiran); etos kerja ekonomis (pasar, nelayan, menjual jamu). Analisis semitotika sosial memperlihatkan bahwa Damar Kurung, ditinjau dari aspek representasional dan aspek modalnya, merupakan Token atau Existent yang merepresentasikan (Process) realitas sosial (Phenomenon) beserta nilai-nilai dan norma-norma sosial (Value) masyarakat Gresik (Circumstance) yang pada awalnya dimaksudkan sebagai bentuk permainan anak-anak (Client) yang kemudian berkembang meluas menjadi objek apresiasi masyarakat luas (Client). Kata-kata kunci: kerajinan dan kesenian, tradisional, naive, realitas sosial, makna simbol dan tanda, semiotika, semiotika visual-piktorial, analisis sintaksis, analisis semantik, semiotika sosial, token, existent, process, phenomenon, client, circumstance.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TS 07/08 Sup m
Uncontrolled Keywords: Handiwork and art-work, traditional art, naive, social realities, the meanings of symbols and signs, semiotics, visual pictorial semitothics, syntactical analysis, semanthical analysis, social semiotics, token, existent, process, phenomenon, value, client, circumstance.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT300-382.8 Painting. Wood finishing
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Suprayitno, 090515548MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy S. Singgih, Drs., M.SUNSPECIFIED
Thesis advisorLaurentius Dyson P., Prof. Dr., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 15 Jan 2019 07:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34556
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item