PENERAPAN TERAPI PERILAKU DAN TERAPI MENULIS UNTUK MENURUNKAN AGRESI PADA REMAJA DENGAN LAMBAT BELAJAR YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN

YURIKA FAUZIA WARDHANI (2006) PENERAPAN TERAPI PERILAKU DAN TERAPI MENULIS UNTUK MENURUNKAN AGRESI PADA REMAJA DENGAN LAMBAT BELAJAR YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-wardhaniyu-6484-00906a-t.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-wardhaniyu-6484-00906.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Terapi Perilaku dan Terapi Menulis untuk menurunkan agresi pada remaja dengan lambat belajar yang tinggal di Panti Asuhan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Subyek penelitian ini adalah seorang remaja kelas 2 SMA dan tinggal di panti asuhan yang dikeluhkan berperilaku agresi oleh pengurus Panti Asuhan. Subyek didapatkan ketika penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Panti Asuhan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara pada subyek, pengurus panti, teman sekamar subyek dan teman sekolah subyek, serta observasi di Panti Asuhan dan di sekolah. Setelah data kebiasaan subyek diperoleh, data dianalisa dan dicari perilaku subyek yang menetap dan yang tidak, kemudian barulah dipilih jenis terapi yang tepat untuk subyek. Data yang telah digali dan dianalisis menunjukkan bahwa subyek adalah remaja mengalami lambat belajar, sehingga kurang mampu mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Subyek tinggal di Panti Asuhan, sehingga subyek kurang mendapatkan kasih sayang. Kurangnya kasih sayang dan ketidakmampuan untuk mengungkapkan perasaan menyebabkan subyek menjadi frustrasi dan kemudian bertindak agresi dalam bentuk mudah marah dan suka memukul teman di Panti Asuhan yang lebih kecil. Subyek mempunyai kebiasaan untuk menulis buku harian sebelum tidur malam. Kebiasaan subyek itu merupakan kekuatan yang digunakan oleh penulis untuk memberikan Terapi Menulis agar subyek lebih mampu untuk mengungkapkan pikiran, perasaan dan mengalihkan keinginan agresinya, kemudian untuk meningkatkan kenampuan relasi sosial dan untuk memberikan penguatan subyek untuk menulis di buku harian, penulis memberikan Terapi Perilaku. Setelah berproses bersama dengan peneliti yang didukung oleh pengurus panti, teman sekamar dan teman-teman sekolahnya, akhirnya subyek mampu mengalihkan keinginan agresinya dengan menulis di buku harian sehingga perilaku agresi subyek sudah tidak muncul kembali dan kemampuan relasi sosialnya meningkat. Penelitian ini diharapkan mampu menbantu subyek untuk menurunkan agresi, membantu pengurus panti asuhan untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan subyek dan memberikan masukan pada pengurus panti asuhan agar tidak terjadi permasalahan yang mama di kemudian hari. Penelitian selanjutnya diharapkan dilakukan dengan waktu yang lebih panjang, sehingga benar-benar didapatkan informasi tentang perilaku sesudah terapi. Pemilihan S dengan latar belakang berbeda dan jumlah yang lebih banyak serta kasus yang berbeda akan memperkaya informasi dan variasi kasus yang dapat dibantu penyelesaiannya dengan menggunakan Terapi Menulis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB PSYCO CORNER 009/06 War p
Uncontrolled Keywords: AGRESI PADA REMAJA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
YURIKA FAUZIA WARDHANINIM090315163-M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorNur Hartini, S.Psi., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 02 Jul 2019 05:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34593
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item