Pengaruh Kinerja Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai dan Dampaknya Bagi Kepuasan Nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Badung Propinsi Bali

Naniek Naviari, 090515645 M (2007) Pengaruh Kinerja Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai dan Dampaknya Bagi Kepuasan Nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Badung Propinsi Bali. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2009-naviarinan-9076-tea30_08.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2009-naviarinan-9076-tea30_08.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di era informasi ini, lingkungan bisnis senantiasa mengalami perubahan, persaingan, dan ketidakpastian Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi yang mampu menangkap dan memanipulasi informasi internal dan eksternal secara efektif, sehingga manajemen mempunyai cukup informasi untuk mengambil keputusan yang efektif dalam menanggapt perubahan yang terjadi pada lingkungan (Post dan Anderson, 2004: 542). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kiner a sistem informasi dan membuktikan secara empires pengaruh kinerja sistem informasi terhadap kepuasan pemakai, serta menguji pengaruh kepuasan pemakai informasi terhadap kepuasan nasabah BPR di Kabupaten Badung, Bali. Dalam penelitian ini digunakan analisis korelasi linear sederhana (simple correlation) dan korelasi linear berganda (multiple correlation), Berta regresi linear sederhana (simple regression) dan regresi linear berganda (multiple regression). Analisis korelasi linear dilakukan untuk mengukur kekuatan hubungan linear antara satu atau beberapa variabel independen dengan vanabel dependen. Sedangkan analisis regresi linear dilakukan untuk mengukur ketergantungan vanabel dependen dengan satu atau beberapa variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja teknis, operasional, dan ekonomis sistem informasi BPR secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai informasi dengan Adjusted R Square = 24,4%. Ini berarti 24,40/a variasi perubahan kepuasan pemakai dipengaruhi oleh variasi perubahan kiner a teknis, kinerja operasional, kiner a ekonomis secara bersama sama. Secara parsial kinerja teknis sistem informasi BPR berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai informasi dengan R Square = 14,8%, kiner a operasional sistem informasi BPR berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai informasi dengan R Square = 14,40/a, sedangkan kiner a ekonomis sistem informasi BPR berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pemakai informasi dengan R Square = 0,04%. Kepuasan pemakai informasi berpengaruh sigaifikan terhadap kepuasan nasabah BPR dengan Adjusted R Square = 12,9%. Ini berarti 12,90/o variasi perubahan kepuasan nasabah BPR dipengaruhi oleh variasi perubahan kepuasan pemakai sistem informasi. Penelitian ini mempunyai beberapa keterbatasan karena jumlah sampel dalam penelitian yang hanya 30 BPR Jumlah sampel ini merupakan jumlah sampel minimal yang disyamtkan dalam penelitian korelasional. Pemakai informasi dalam penelitian ini hanya menggunakan pemakai informasi internal BPR padahal pemakai informasi juga bisa dari pihak eksternal BPR Kepuasan nasabah dalam penelitian ini adalah tentang sistem informasi tertentu yang sedang digunakan, dan tidak membandingkan kepuasan nasabah sebelum dan sesudah digunakannya sistem informasi tertentu.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 30/08 Nav p
Uncontrolled Keywords: Technical, operational and economy performances of information system, user information satisfaction, customer satisfaction, and Rural Bank (BPR).
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Naniek Naviari, 090515645 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjiptoadi Sawaryuwono, Prof. Drs., M.Ec., Ph.D., AkUNSPECIFIED
Thesis advisorYustrida Bernawati, Dra., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 07 Feb 2019 04:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34670
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item