ANALISIS BEBERAPA FAKTOR LINGKUNGAN BISNIS YANG BERPENGARUH TERHADAP KEBERHASILAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR DI KOTAMADYA DAERAH TINGKAT II SURABAYA

Sugiyanto (2003) ANALISIS BEBERAPA FAKTOR LINGKUNGAN BISNIS YANG BERPENGARUH TERHADAP KEBERHASILAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR DI KOTAMADYA DAERAH TINGKAT II SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan Daerah Pasar didirikan sebagai alih status dari Dinas Pasar menjadi Perusahaan Daerah Pasar. Tujuan pendirian perusahaan ini adalah untuk memberikan pelayanan umum dalam bentuk penyediaan sarana perpasaran, memupuk pendapatan daerah dan memberikan lapangan kerja bagi masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan tidak dapat lepas dari pengaruh faktor lingkungan eksternal dan internalnya. Lingkungan eksternal merupakan lingkungan yang tak dapat dikendalikan perusahaan, sedangkan lingkungan internal merupakan lingkungan yang dapat dikendalikan perusahaan. Faktor faktor yang dianalisis berkaitan dengan lingkungan eksternal dan lingkungan internal ini adalah : jumlah pedagang unit pasar, jumlah pedagang kaki lima disekitar unit pasar, jumlah sarana perpasaran lain, jumlah karyawan unit pasar, pendidikan kepala unit pasar dan masa kerja kepala unit pasar. Untuk analisis ini digunakan suatu metode statistik dalam bentuk model Regresi Linier Berganda. Dari hasil analisis diperoleh persamaan: Y= 184108398.128+2038716.294X1+263123.119X2 1722694.377X3+4822176.453X4+13334608.284X5+6215806.371X6. Dengan menggunakan uji F, diketahui nilai F hitung sebesar 99,454persen berarti lebih besar dari F tabel sebesar (2,43), ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara faktor faktor jumlah pedagang unit pasar, jumlah pedagang kaki lima di sekitar unit pasar, jumlah sarana perpasaran lain, jumlah karyawan unit pasar, pendidikan kepala unit pasar dan masa kerja kepala unit pasar terhadap pendapatan unit pasar, berarti hipotesis pertama terbukti. Kontribusi terbesar dari enam variabel tersebut terhadap pendapatan unit pasar adalah jumlah pedagang unit pasar, terlihat dari uji t secara parsial diperoleh angka sebesar 84,11persen, dengan demikian hipotesis kedua juga terbukti. Hasil perhitungan dengan menggunakan ANOVA, untuk melihat perbedaan rata rata pendapatan unit pasar antara satu cabang dengan cabang lainnya menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara satu cabang dengan cabang lainnya. </description

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: TE 74/00 Sug a (FULLTEXT DAN ABSTRAK TIDAK ADA)
Uncontrolled Keywords: INSTITUTION MANAGEMENT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2341-2341.95 Supervision and administration. Business management
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SugiyantoUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 02:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34927
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item