ANALISIS KINERJA REKSA DANA SAHAM DAN REKSA DANA PENDAPATAN TETAP PADA KONDISI EKONOMI NORMAL DAN KONDISI EKONOMI KRISIS DI INDONESIA

Mu'minatus Sholichah, 099913458M (2002) ANALISIS KINERJA REKSA DANA SAHAM DAN REKSA DANA PENDAPATAN TETAP PADA KONDISI EKONOMI NORMAL DAN KONDISI EKONOMI KRISIS DI INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
jiptunair-gdl-s2-2004-sholichahm-901-te_30-03.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehadiran reksa dana yang mulai marak pada 1996 memberikan kontribusi yang cukup berarti bagi perkembangan pasar modal Indonesia. Kondisi krisis yang melanda Indonesia mulai pertengahan Juli 1997 mempengaruhi kinerja reksa dana. Penelitian ini mengkaji kinerja reksa dana di Indonesia dengan mengambil dimensi pendapatan dan risiko. Pendapatan reksa dana adalah pendapatan investasi pada reksa dana yang diperoleh dari capital gain/loss dan distribusi keuntungan dari masing-masing reksa dana. Risiko adalah variabilitas pendapatan yang dihasilkan oleh masing-masing reksa dana terhadap pendapatan rata-rata yang diukur dengan deviasi standar. Jenis reksa dana yang diteliti adalah reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap pada kondisi normal dan kondisi ekonomi krisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial dengan katagori parametrik. Dalam penelitian ini sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Pada kondisi ekonomi normal, sampel reksa dana saham berjumlah 13 dan reksa dana pendapatan tetap berjumlah 20. Pada ekonomi krisis, sampel reksa dana saham berjumlah 20 dan reksa dana pendapatan tetap berjumlah 36. Model analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan uji beda rata-rata dari dua kelompok sampel yang indipenden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi ekonomi normal pendapatan reksa dana saham lebih besar daripada pendapatan reksa dana pendapatan tetap dan rsiko reksa dana saham lebih besar daripada risiko reksa dana pendapatan tetap. Pada kondisi ekonomi krisis pendapatan reksa dana saham dengan pendapatan reksa dana pendapatan tetap tidak berbeda secara signifikan dan risiko reksa dana saham dengan fisiko reksa dana pendapatan tetap tidak berbeda secara signifikan. Hal ini disebabkan, kondisi ekonomi krisis memberikan dampak yang berbeda pada kinerja sebagian reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE.30/03 Sho a
Uncontrolled Keywords: Portfolio performance, equity fund, fixed income fund.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB522-715 Income. Factor shares
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Mu'minatus Sholichah, 099913458MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI. Made Sudana, Drs.,Ec.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Jun 2017 21:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35086
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item