UPAYA PEMASARAN INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BERSALIN SITI FATIMAH MAKASSAR

Tura, 090014006M (2003) UPAYA PEMASARAN INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BERSALIN SITI FATIMAH MAKASSAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan riset pemasaran untuk merumuskan upaya pemasaran berdasarkan marketing mix 7P dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di instalasi Rawat Inap Kelas I dan II RSB Siti Fatimah Makassar. Variabel yang dianalisis adalah variabel pelaksanaan marketing mix 7P berdasarkan pengamatan peneliti dan persepsi serta harapan konsumen terhadap jasa layanan RSB Siti Fatimah Makassar. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan dari tanggal 7 Juni sampai dengan 6 Juli 2002. Hasil analisis faktor internal IRNA kelas I dan II RSB Siti Fatimah merupakan kekuatan meliputi product, people. Kelemahan meliputi price, place, promotion dan kondisi netral meliputi process dan physical evidence. Hasil analisis faktor eksternal IRNA kelas I RSB Siti Fatimah Makassar merupakan peluang meliputi product, dan physical evidence, ancaman meliputi price, promotion, process dan kondisi netral meliputi place dan people. Instalasi rawat inap kelas 11 RSB Siti Fatimah Makassar merupakan peluang meliputi product, place dan people. Ancaman meliputi price, promotion, process, dan kondisi netral adalah physical evidence. Upaya pemasaran yang dirumuskan sebagai berikut (1) unsur product adalah mengusulkan dibuat kontrak kerja sama untuk penggunaan dokter spesialis di Rumah Sakit Pemerintah, (2) unsur price adalah melakukan perhitungan unit cost, menambah proses pembayaran dan menyiapkan keringanan pembayaran, (3) unsur place adalah pemasangan lift rumah sakit dan menyediakan jasa layanan angkutan pasien, (4) unsur promotion adalah membuat papan penunjuk arah pasien, brosur, melakukan seminar, bakti sosial dan membuka layanan informasi, (5) unsur people adalah menambah tenaga dokter spesialis, mengikutkan program pendidikan lanjutan dan menyiapkan fasilitas informasi, (6) unsur process adalah melaksanakan pelatihan secara berkala dan memperbaiki jalur pelayanan rumah sakit, (7) unsur physical evidence adalah menambah tenaga cleaning service, menambah perlengkapan alat kebersihan dan fasilitas instalasi rawat inap.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 57/03 Tur u (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix 7 P ; Positioning ; Consumer perception ; Consumer expectation
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Tura, 090014006MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Sep 2016 08:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35136
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item