UPAYA PEMASARAN INTERAKTIF PELAYANAN ANTENATAL DI PUSKESMAS JAGIR KOTA SURABAYA

Retnowati, 090014053M (2002) UPAYA PEMASARAN INTERAKTIF PELAYANAN ANTENATAL DI PUSKESMAS JAGIR KOTA SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35146.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan pemasaran makin disadari menjadi suatu kebutuhan dalam dunia layanan kesehatan kita yang semakin bersaing, serta menghadapi masyarakat yang semakin meningkat derajat pendidikan dan kesejahteraannya. Pemasaran yang berfokus pada pelanggan dikelompokkan dalam 3 layanan, yaitu pemasaran intemal, ekstemal dan pemasaran interaktif Pada penelitian ini membahas tentang pemasaran interaktif, yang intinya adalah komunikasi interaktif saat bidan kontak dengan lbu hamil. Komunikasi interaktif dalam pemasaran adalah identik dengan komunikasi terapeutik. Masalah yang terjadi di Poli BKIA Puskesmas Jagir adalah terdapat kesenjangan K1 - K4 yang tinggi dalam 3 tahun berturut turut, yaitu pada tahun 1998, 1999 dan 2000. Faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya kesenjangan tersebut adalah faktor lingkungan (kebijakan pemerintah dan pesaing), faktor masyarakat (karakteristik pasar, karakteristik ibu hamil) dan faktor puskesmas (visi dan misi, sarana pelayanan, kualitas pelayanan, komitmen bidan dan karakteristik bidan). Dalam penelitian ini faktor lingkungan dan karakteristik pasar pada faktor masyarakat tidak diteliti. Karakteristik lbu hamil, meliputi kondisi kehamilan, motivasi, sikap, pengetahuan, dan tingkat ekonomi keluarga, sedangkat karakteritik bidan meliputi sikap, pengalaman dan ketrampilan komunikasi. Ibu hamil yang memeriksakan kehamilan di Poli BKIA Puskesmas Jagir diamati mulai pertama kali mendapat pelayanan bidan sampai selesai sebagai suatu rangkaian (seri), setelah itu baru diwawancara oleh peneliti dengan menggunakan kuesioner. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara, antara peneliti dengan responden (ibu hamil, kepala puskesmas dan bidan). Untuk. data sekunder diambil dari kartu. status ibu hamil. Pengamatan dilakukan pada bulan April dan Mei 2002. Dari data yang terkumpul dianalisis variabel yang mempengaruhi jalannya proses pelayanan interaktif baik yang bermasalah maupun tidak bermasalah, selanjutnya dianalisis tingkat kepuasan ibu hamil. terhadap pelayanan antenatal serta disusun dan direkomendasikan upaya pemasaran interaktif pelayanan antenatal di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Berdasarkan temuan pada penelitian, maka upaya pemasaran interaktif yang direkomendasikan kepada pihak manajemen puskesmas Jagir adalah perlunya perhatian dan pentingkatan pelaksanaan untuk komponen yang masih mempunyai nilai cukup atau kurang sebagai berikut: pada variabel sikap bidan meliputi tidak selalu memberi perintah, tidak menunjukkan muka masam, mempunyai waktu mendengarkan keluhan, mendengar keluhan tidak sambil memalingkan muka dan tidak membedakan pelayanan. Pada variabel ketrampilan bidan, meliputi bahasa bidan, mengucap salam dan menatap mata. Pada proses pelayanan interaktif meliputi memperhatikan keluhan, menanggapi keluhan serta memberitahu waktu kontrol. Untuk tingkat kepuasaan ibu hamil, yaitu tidak menunjukkan muka cemberut, mendengarkan keluhan tidak sambil memalingkan wajah, Sentuhan tidak kasar, bicara sopan dan mempunyai waktu untuk mendengarkan keluhan, mengucap salam, menatap mata, tidak memotong pembicaraan serta pemeriksaan calon bayi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 60/03 Ret u
Uncontrolled Keywords: Interactive marketing, Customer focus, Antenatal care.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Retnowati, 090014053MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus Supriyanto, Dr.,dr.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 19:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35146
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item