MODEL PELATIHAN PEMBIMBING KLINIK BERDASARKAN TRAINING NEEDS ASSESSMENT PADA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Ahsan, 090014016M (2002) MODEL PELATIHAN PEMBIMBING KLINIK BERDASARKAN TRAINING NEEDS ASSESSMENT PADA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35147.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan masyarakat terhadap mutu lulusan dalam. pelayanan kesehatan mutlak diperlukan agar konsumen mendapatkan pelayanan yang profesional, mendapat kepuasan pelayanan yang berdasarkan nilai normatif yang ideal, sesuai standar pelayanan. Peningkatan mutu lulusan ini sangat terkait dengan komponen lain termasuk diantaranya pembimbing klinik (clinical instructur), merupakan komponen penting dalam menciptakan academic atmosfire, mengembangkan mahasiswa mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, sikap dalam tatanan pelayanan nyata kepada klien (baik di rumah sakit maupun masyarakat). Kemampuan pembimbing klinik harus selalu ditingkatkan melalui berbagai strategi, diantaranya pelatihan dan pengembangan agar kemampuanya sesuai perubahan jaman, perkembangan IPTEK, tuntutan konsumen, meningkatkan kemampuan karyawan dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap serta keahlian yang spesifik guna menjawab tantangan perubahan tersebut. Model pelatihan pembimbing klinik dimulai Training Needs Assesment agar perubahan yang di inginkan terjadi secara sistematis, guna mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini mendesain model pelatihan pembimbing klinik pada PSIK FKUB berdasarkan training needs asssesment dengan maksud melakukan kajian kebutuhan pelatihan pembimbing klinik, mengidentifikasi masalah bimbingan mahasiswa, menentukan penyebab utama masalah bimbingan, menentukan upaya pemecahan masalah dalam bimbingan disamping hasil TNA ini dilakukan Focus Group Discussion untuk memberikan dalam pemecahan masalah.. Penelitian ini bersifat survei observasional, dengan crossectional, pengumpulan data dengan quesioner dan hasilnya dilakukan FGD dengan para pempinan. PSIK dan Rumah Sakit. Responden terdiri pembimbing 47 Orang. Model pelatihan sesuai hasil TNA dan FGD pernbimbing klinik dan pengelola yang diusulkan : Tujuan pelatihan meningkatkan kemampuan bimbingan, kompetensinya mampu memberikan bimbingan klimk yang benar, manfaat pelatihan untuk pengembangan teknologi keperawatan, pengembangan bimbingan klinik, teori keperawatan. Uraian tugasnya mulai merencanakan pembelajaran klinik, mengevaluasi, memberi fasilitas, menjadi rote model pelayanan keperawatan. Materinya kesulitan belajar dan solusinya, evaluasi pembelajaran klinik, hakekat pembelajaran klinik. Perencanaan pelatihan meliputi strategi on the job training metode yang dipilih choeching, penugasan sementara, strategi of the job training yang dipilih presentasi, studi kasus. Pelatih bersertifikat TOT, berasal dari PSIK FKUB, jumlah peserta setiap pelathan 16 20 orang, waktunya. 4 6 hari, sehari 7 9 jam, tempat di RSUD dr. Saiful Anwar atau Biomedik FKUB, setiap pembimbing klinik dilibatkan aktif mulai perencanaan, proses dan umpan balik hasil pelatihan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 61/03 Ahs m
Uncontrolled Keywords: TNA, Training models
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Ahsan, 090014016MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul Rochmah, Dra.,Ec.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 19:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35147
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item