Mochammad Isa Anshori, 090114417M
(2003)
PENGARUH WIRAUSAHA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR INDIVIDU PADA DISTRIBUTOR MULTI LEVEL MARKETING 'X' DI MALANG.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Pengangguran merupakan masalah ketenagakerjaan yang patut mendapat perhatian pemerintah. Lapangan kerja yang terbatas membuat orang mencari jalan untuk berusaha agar tetap hidup layak di masyarakat. Berwirausaha merupakan salah satu jalan keluarnya. Wirausaha adalah orang yang memiliki dan mengelola serta melembagakan usahanya . Dalam proses mengelola usaha, aspek-aspek yang menjadi katalisator, yang menyebabkan seseorang menentukan karirnya sebagai wirausaha. Hal - hal yang mendorong seseorang memilih karir sebagai wirausaha, dapat diketahui melalui penilaian kepribadian khususnya pengalaman dan latar belakangnya. Biografi seseorang dapat bermanfaat untuk melihat keterampilan dan kompetensi untuk meningkatkan kewirausahaan, pengembangan nilai - nilai kewirausahaan dan pendorong untuk mencetuskan ide - ide wirausaha.. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Wirausaha Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Distributor Multilevel Marketing "X" di Malang. Wirausaha dalam hal ini adalah semangat yang ada pada distributor MLM yang meliputi Kreatif, Inovatif, dan Berani. Karir dalam dalam hal ini adalah urutan aktifitas yang berkaitan dengan pekerjaan dan perilaku- perilaku, nilai-nilai, dan aspirasi seseorang selama rentang hidup orang tersebut. Sedangkan Pengembangan karir adalah suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan jenjang atau status seseoarng dalam pekerjaanya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dijelaskan bahwa Pengembangan Karir (Y) seorang distributor MLM dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor Internal dan faktor Eksterna1. Faktor internal yang ada dalam wirausaha terbagi menjadi 3 komponen, Kreatif (X1), Inovatif (X2), Berani (X3). Adapun keluarga, ekonomi, dan sosial budaya termasuk faktor ekternal yang ikut mempengaruhi namun tidak diteliti. Variabel X1, X2, X3 adalah variabel yang tidak saling berhubungan, namun secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap.Pengembangan Karir. Jenis peneilitian ini merupakan penelitian observasional analitik. Populasi penelitian adalah distributor MLM "X" yang ada di Malang, adapun sampel yang diambil sejumlah 96 orang distributor yang aktif dengan mengunakan metode porposive sampling. Sedangkan angket yang disebarkan sejumlah 120 dengan pertanyaan tertutup dengan mengunakan skala likert. Pengelolaan data dan analisis data menggunakan bantuan program SPSS 10 yaitu model Analisis Regresi Logistik. Hasil uji silang yang berorientasi pengembangan karir sebanyak 59 orang, yang tidak berorientsi karir sebanyak 37 orang. Hasil uji signifikan sebesar 0,001 berarti ada pengaruh wirausaha terhadap pengembangan karir . Adapun masing masing variabel memiliki nilai sebagai belikut : Kreatif berpengaruh terhadap pengembangan karir dengan tingkat signifikan 0,004 <&#945; 0,05. Variabel Inovatif tidak berpengaruh terhadap pengembangan karir karena memiliki signifikan yang diperoleh 0,677 >&#945; 0,05. Variabel Berani merupakan yang dominan berpengaruh terhadap pengembangan karir dengan nilai signifikan 0,001 &#945; 0,05.
Actions (login required)
|
View Item |