PENERAPAN HYBRID FIREFLY ALGORITHM (FA) DAN ARTIFICIAL BEE COLONY UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH SIMULTANEOUS PICKUP AND DELIVERY (VRPSPD)

PRABU SURYA PRATAMATIOS, 081112078 (2016) PENERAPAN HYBRID FIREFLY ALGORITHM (FA) DAN ARTIFICIAL BEE COLONY UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH SIMULTANEOUS PICKUP AND DELIVERY (VRPSPD). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPM. 53-16 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickup and Delivery dengan menggunakan Hybrid Firefly Algorithm dan Artificial Bee Colony. Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickup and Delivery (VRPSPD) adalah suatu permasalahan dalam pembentukan rute untuk kendaraan yang digunakan untuk melayani pelanggan dengan menggunakan dua layanan yaitu pengiriman dan pengambilan barang yang dilakukan secara bersamaan. Tujuan dari permasalahan ini adalah mendesain rute yang dapat meminimumkan total jarak tempuh kendaraan untuk melayani pelanggan tanpa melanggar kendala kapasitas kendaraan. Dalam melakukan pengiriman barang kepada pelanggan, proses yang dilakukan adalah penurunan barang permintaan terlebih dahulu kemudian menaikkan barang sisa yang ada dipelanggan, dengan kedua proses tersebut dilakukan secara bersamaan. Firefly Algorithm (FA) adalah salah satu algoritma metaheuristik yang diadaptasi dari cara berkedipnya kunang- kunang. Artificial Bee Colony Algorithm (ABC) merupakan algoritma yang diadaptasi dari cara hidup lebah. Hybrid Algoritma adalah gabungan antara dua jenis atau lebih algoritma yang berlainan. Program dibuat dengan bahasa visual basic 2010 untuk menerapkan hybrid firefly algorithm dan artificial bee colony algorithm dalam menyelesaikan VRPSPD yang diimplementasikan pada 3 contoh kasus, yaitu data berukuran kecil, sedang dan besar. Dengan total jarak tempuh untuk data berukuran kecil yaitu 830 km, untuk data berukuran sedang yaitu 162 km, dan data berukuran besar yaitu 1460 km. Hasil yang diperoleh dari output program menunjukkan bahwa semakin banyak jumlah populasi yang dibangkitkan dan semakin banyak iterasi yang dijalankan, maka penyelesaian VRPSPD cenderung diperoleh hasil yang lebih baik yaitu dengan total jarak tempuh yang lebih minimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 53/16 Pra p
Uncontrolled Keywords: Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickup and Delivery (VRPSPD), Firefly Algorithm (FA), Artificial Bee Colony (ABC)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
PRABU SURYA PRATAMATIOS, 081112078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, S.Si, M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 24 Jun 2016 07:43
Last Modified: 24 Jun 2016 07:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35233
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item