Uray Yung Suliadi
(2004)
ANALISIS PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN DI KLINIK BAYI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOKTER SOETOMO DENGAN 5 P DAN ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini merupakan riset pemasaran dengan menggunakan analisis 5 P dan analisis SWOT untuk mengukur kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di Klinik Bayi Instalasi Rawat jalan Kesehatan Anak RSUD Dr. Soetomo yang digunakan sebagai bahan perumusan strategi pemasaran yang berdasarkan Segmenting, Targeting dan Positioning. Keunggulan bersaing 5 P yang diukur variabel adalah power yang terdiri dari sub variabel peralatan dan prosedur pelayanan, position yang terdiri dari sub variabel struktur organisasi dan letak klinik bayi, pace yang terdiri dari sub variabel hotline service dan layanan purna jual, potential yang terdiri dari sub variabel ketrampilan dokter dan ketrampilan bidan dan performance yang terdiri dari sub variabel assurance, tangible, reliability, empathy dan responsiveness. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan, mulai tanggal 1 Februari 2003 sampai dengan akhir maret 2003. Sumber data untuk seluruh variabel berasal dari wawancara peneliti dengan 127 responden di Klinik Bayi IRJ RSUD Dr. Soetomo dan 30 responden di Poli Hamil I dan II IRJ RSUD Dr. Soetomo. Hasil penilaian keunggulan bersaing 5 P power, position, pace, potential, dan performance dengan analisis SWOT memberikan kekuatan pada faktor internal dan eksternal. Hanya pada position sub variabel struktur organisasi merupakan kelemahan. Sedangkan pada performance, kelima sub variabelnya merupakan kekuatan pada faktor internal, kecuali sub variabel reliability. Hal ini berkaitan erat dengan terjadinya kelemahan pada sub variabel reliability yang menjadi variabel dari performance. Isu strategis yang muncul dari analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi Klinik Bayi IRJ RSUD Dr. Soetomo berada pada kuadran kanan atas atau posisi S 0 (strength opportunity). Posisi S 0 pada kondisi pasar yang memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah perluasan pangsa pasar, perluasan jaringan distribusi, meningkatkan SDM, memelihara kualitas serta mutu pelayanan dan meningkatkan efisiensi distribusi. Strategi pemasaran yang akan di laksanakan berdasarkan isu strategis dari hasil analisis penelitian yang disesuaikan dengan strategi organisasi saat ini adalah : 1 . Segmentasi pasar. Dalam melakukan segmentasi pasar untuk Klinik Bayi IRJ RSUD Dr. Soetomo berdasarkan variabel demografis. Identifikasi segmen pasar yang menjadi sasaran adalah ibu yang melahirkan di IRD, Ruang Bersalin I dan Ruang Bersalin II. 2.Setelah mengidentifaksi segmen pasar yang akan dijadikan sasaran, langkah selanjutnya adalah targeting, yaitu semua ibu yang melahirkan di IRD dan Ruang Bersalin I dan II RSUD Dr. Soetomo. 3.Positioning, yaitu memposisikan Klinik Bayi dipersepsi oleh para ibu merupakan pelayanan satu paket setelah melahirkan di Instalasi Rawat Darurat, Ruang Bersalin I dan Ruang Bersalin II. Strategi pemasaran tetap memperhatikan isu strategi utama dengan menanggulangi kelemahan melalui upaya peningkatan sumber daya organisasi yang merupakan kelemahan berdasarkan hasil penelitian dan membentuk aliansi kerja sarna dengan Ruang Bersalin I, Ruang Bersalin II, Poli Hamil I dan Poli Hamil II. </description
Actions (login required)
|
View Item |