Jubair, 090110264
(2003)
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN , METODE PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA POLITEKNIK KESEHATAN MATARAM PROGRAM STUDI KEPERAWATAN BIMA.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Dosen mempunyai kontribusi yang cukup vital dalam proses pembelajaran dan keberhasilan mahasiswa untuk mencapai prestasi belajar terbaik. Peranan dan fungsi dosen sangat menentukan dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Kualitas dan mutu tulusan sangat ditentukan oleh kapasitas dan kemampuan dosen, dalam mendesain dan mengelola proses pembelajaran. Oleh sebab itu bila terjadi penurunan prestas belajar mahasiswa maka dosen harus bertanggung jawab. Data pada tahun akademik 2001/2002 menunjukkan prestasi belajar mahasiswa Poltekes Bima Jurusan Keperawatan tingkat I semester I untuk mata kuliah Struktur dan Fungsi Tubuh tergolong rendah. Hanya 32,5% mahasiswa yang lulus dari target 100%, hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian. ini, adalah menganalisa pengaruh gaya kepemimpinan, metode pembelajaran, dan kompetensi dosen. terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian yang dilakukan secara cross sectional ini mengambil populasi dosen Keperawatan Poltekes Bima semester I tingkat I tahun. 2003 sejumlah 13 orang, terdiri dari 8 orang dosen tetap dan 5 orang dosen tidak tetap. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dilakukan dari bulan Mei sampai Juni 2003. Teknik analisis yang dilakukan secara deskriptif disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Untuk menarik kesimpulan dilakukan secara uji regresi ganda dengan tingkat kemaknaan (&#945;) 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) gaya kepemimpinan dosen dan metode pembelajaran mempunyai pengaruh yang tidak bermakna (non signficani) terhadap motivasi belajar mahasiswa; 2) gaya kepernimpinan. dosen dan metode pembelajaran dosen mempunyai pengaruh yang tidak bermakna (non signficant) terhadap prestasi belajar , 3) kompetensi dosen. mempunyai pengaruh yang bermakna (significant) terhadap motivasi belajar (p = 0,000; 0,921) kompetensi dosen. mempunyai pengaruh yang bermakna (significant) terhadap prestasi belajar (p = 0,003; p = 0,756) motivasi belajar mempunyai pengaruh yang bermakna (signficant) terhadap prestasi belajar (p = 0,002; 0 = 0,772). Kesimpulan dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan dan metode pembelajaran (non significant) harus diperbaiki untuk dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. Kompetensi dosen. sangat penting dipertahankan dan ditingkatkan. Motivasi belajar mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap prestasi belajar. Saran yang disampaikan untuk dosen adalah 1) dalam mengelola proses pembelajaran hendaknya dosen menerapkan. gaya kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kematangan, jumlah mahasiswa dan. situasi. kelas; 3) dosen. hendaknya menguasai secara baik materi yang akan diajarkan kepada mahasiswa dengan selalu menambah wawasan dan pengetahuan yang bisa memperkaya materi yang akan diajarkan seperti mengikuti seminar, pelatihan maupun melalui peningkatan kualitas pendidikan. Sedangkan saran untuk. institusi adalah agar institusi menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai untuk menunjang proses pembelajaran, para dosen seperti perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap, tersedia AVA (Audio Visual A id). </description
Actions (login required)
|
View Item |